Pemain Asal Persib Diturunkan, Pasukan "Garuda Muda" Gagalkan Kemenangan Arab Saudi

Sabtu, 12 September 2020 12:23 WIB

Share
jatim.tribunews.com
Pemain Asal Persib Diturunkan, Pasukan "Garuda Muda" Gagalkan Kemenangan Arab Saudi

KROASIA, (POSKOTAJABAR). 
Timnas U-19 tampil gemilang. Bukan saja mampu bangkit dari keterpurukan, tetapi juga mampu menyamakan kedudukan saat tertinggal 3 gol dari lawannya. Pada pertandingan melawan Arab $audi itu, pasukan "Garuda Muda" berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3. Sementara itu, pada dua pertandingan sebelumnya mereka digasak lawan-lawannya dengan skor telak 0-3 dari Bulgaria dan 1-7 dari tuan rumah Kroasia.
Penampilan tim asuhan Shin Tae-yong (STY) itu berlangsung dalam Friendly Tournament di Kroasia. Menghadapi Arab Saudi, Jumat (11/9) malam WIB, di Stadion Igrastile, NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Kroasia, merupakan pertandingan ketiga dalam rangkaian ujicoba sebelum terjun di arena Piala Dunia U-20 tahun depan dimana Indonesia akan menjadi tuan rumah. 
Dengan tetap menggunakan formasi 4-4-2 yang diterapkan STY, Timnas U-19 tertinggal 0-3 lebih dulu. Namun mereka berhasil menyamakan kedudukan melalui Irfan Jauhari, Saddam Gaffar, dan Braif Fatari.

Pola menyerang. 
Pada pertandingan kali ini, STY nampaknya mengintruksikan anak-anak asuhannya untuk tampil agresif. Itu bisa dilihat dari ditampilkannya beberapa pemain yang selama ini sering dibangkucadangkan menjadi starter seperti  Ahmad Rusadi, Brylian Aldama, Braif Fatari, dan Khairul Zakir. 
Pemain lainnya yaitu David Maulana, Witan Sulaeman, dan Adi Satryo selalu menjadi pemain inti. Dengan demikian pola 4-4-2 kembali ditampilkan oleh pelatih asal Korea Selatan itu. 
Oleh karena itu, terlihat mereka tampil lebih menyerang. Sejak awal para pemain muda Indonesia itu melakukan tekanan demi tekanan ke kubu Arab Saudi. 
Pada menit-10 mereka sudah mendapat peluang. 
Bermula dari aksi Zakiri yang mengumpan kepada Brylian. Tetapi tembakan Brylian melambung di atas gawang Arab Saudi.
Giliran Arab Saudi mendapat peluang. Pada menit ke-20 wasit memberikan penalti setelah tangan Komang Tri menyentuh bola. Namun eksekusi Khalil Marran membentur tiang gawang.
Arab Saudi tidak menyia-nyiakan kesempatan lagi manakala mereka kembali mendapat hadiah penalti pada menit ke-27. Lagi-lagi tangan Komang Tri yang menyentuh bola di kotak penalti. Khalil Ibrahim Alhabsy mampu memperdaya penjaga gawang Adi Satryo sehingga Indonesia tertinggal 0-1.
Nasib sial kembali menerpa kubu Indonesia karena lagi-lagi mereka diganjar penalti. Pada menit ke-33 Brylian melakukan pelanggaran yang membuat wasit menunjuk titik putih yang dieksekusi dengan baik oleh Khalil Marran, 0-2 untuk Arab Saudi. 
Seperti tersengat, STY mengubah strategi 
Dengan menurunkan Rizky Ridho menggantikan Yudha Febrian dan Komang Tri. Sayangnya, malah pasukan Iwan Bule kembali kembali kebobolan setelah Khaleel Althekralla membobol gawang Indonesia dan 0-3 untuk pasukan Raja Fahd.
Sebelum babak pertama berakhir, pasukan "Garuda Muda" Mampu memperkecil jarak lewat gol yang dicetak Irfan Jauhari hasil umpan silang dari Witan. 
Lagi-lagi STY melakukan perubahan di babak ke-2 yang memainkan Saddam Gaffar dan Andi Irfan menggantikan Irfan Jauhari dan Zakiri. Hasilnya, pada menit ke-53 pasukannya berhasil membobol gawang Arab Saudi mengubah skor menjadi 2-3 melalui kaki Saddam yang menerima umpan dari Bagas Kafa. 
STY akhirnya memasukan pemain asal Persib Bandung, Beckham Putra yang menggantikan Bagas Kafa pada menit-64 . Ini membuat pasukan "Garuda Muda" lebih tajam. Hasilnya pada injury time mereka berhasil menyamakan kedudukan 3-3 melalui Braif Fatari. (nang's)




Reporter: Rony
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler