8 Cara Siap Siaga Hadapi Banjir di Musim Hujan

Selasa, 22 September 2020 16:47 WIB

Share
8 Cara Siap Siaga Hadapi Banjir di Musim Hujan


Di Indonesia sepertinya sudah hampir memasuki musim hujan, hal ini terbukti dengan turunya hujan setiap hari dibeberapa daerah . Ada tradisi alam yang sangat sulit kita hindari di musim hujan yaitu banjir . Bahkan di Jakarta dan Sukabumi sudah terjadi Banjir Bandang yang menelan beberapa korban .

Bagi kamu yang tinggal di wilayah langganan banjir sebaiknya meningkatkan kewaspadaan. Hal ini agar kamu siaga menghadapi bencana banjir sewaktu-waktu. Jika kamu siap maka besar kemungkinan bisa turut membantu korban bencana banjir lainnya.

Berikut ini langkah – langkah penting yang harus kita siapkan untuk menyambut musim hujan sebelum terjadinya banjir.

 

 

  1. Menjaga Kebersihan lingkungan

Hal paling mendasar untuk dilakukan sebelum banjir melanda adalah menjaga kebersihan dan kelestarian di lingkungan sekitar, mulai dari membersihkan saluran air disekitar rumah hingga membuang sampah – sampah yang berserakan dan yang menyumbat aliran air.lalu membersikan atau normalisasi sungai – sungai yang ada disekitar kita sehingga bila turun hujan air akan mudah mengalir dan tidak menggenang karena sumbatan sampah – sampah

  1. Kuatkan dan Peninggian Rumah

Selain menyiapkan mental dan fisik untuk menghadapi bencana, tempat tinggalmu juga perlu dipersiapkan. Perkuat fondasi rumah dengan memperbaiki bagian yang rusak. Kamu pun bisa meninggikan bagian rumah yang rawan banjir saat kondisi dan dana memungkinkan.

  1. Siapkan Tas Besar

Siapkan tas siaga yang cukup besar untuk menyimpan beberapa barang – barang penting yang akan kita bawa apabila banjir datang . Isi dari tas siaga meliputi makanan kering seperti biskuit, air minum, obat-obatan penting, senter dan baterai cadangan, lilin dan korek api, kain sarung, satu pasang pakaian (masukkan ke dalam plastik), jas hujan, surat berharga, fotokopi tanda pengenal (masukkan ke dalam plastik), flash disk yang berisi scan dokumen penting (pilihan), serta nomor-nomor telepon penting.

  1. Siapkan Dokumen Penting

Dokumen penting merupakan hal yang mudah rusak apabila terkena air, simpanlah dokumen penting pada tempat yang tidak tembus air .

Halaman
Reporter: Resti
Editor: Editor Admin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler