Begini Kata Dr. Alvin Wiharja, Cara Meminimalisir Cedera Para Pemain Persib Bandung.

Senin, 5 Oktober 2020 19:44 WIB

Share
Dokter Spesialis Keolahragaan tim Persib bandung, dr. Alvin Wiharja, sedang menangani Omid Nazari. (Foto: Persib.co.id)

 

BANDUNG, (POSKOTAJABAR).

Upaya Persib Bandung menjadi klub profesional yang kaya akan prestasi, terus dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah menghadirkan sosok dokter spesialis olahraga di dalam tim.

Adalah dr. Alvin Wiharja Sp.KO yang dipercaya menjadi salah satu dokter ahli di tim Pangeran Biru. Pria lulusan Kedokteran Universitas Kristen Maranatha 2013 ini, bertugas membantu Supardi Nasir dan teman-teman tampil maksimal. Tidak hanya dalam pertandingan, tetapi juga saat latihan. Keilmuan yang dimilikinya juga akan membantu pemain agar tidak rentan terhadap cedera.

Bergabung kurang lebih satu bulan ini, ia pun akan membantu pemain dalam percepatan pemulihan cedera, juga pencegahannya. Apalagi, dengan situasi kompetisi seperti saat ini. Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga ini akan fokus menerapkan terapi olahraga sebagai obat, untuk masalah cedera maupun penyakit degeneratif.

"Yang kami pelajari dari kedokteran olahraga adalah menggunakan sport and exercise  (olahraga dan latihan) itu sebagai modal utama. Intinya sebagai obat ketika ada masalah kesehatan. Misalnya, masalah kesehatan karena cedera olahraga. Kita tidak hanya menggunakan obat biasa, atau alat-alat. Tetapi kita menggunakan olahraga sebagai obatnya," kata Alvin di kediamannya di Jalan Moch. Ramdan, Bandung.

Menurutnya, hal itu menjadi pembeda kedokteran olahraga dengan keilmuan yang lainnya. Kedokteran olahraga mempelajari periodesasi dari spesifikasi latihan, mempelajari juga olahraganya. Sehingga, atlet yang mengalami cedera dapat kembali bermain dengan kondisi semula, bahkan lebih baik lagi. 

"Pada umumnya, prinsip yang harus dipegang adalah tidak ada satupun obat yang dapat meningkatkan kekuatan otot. Satu-satunya jalan adalah dengan exercise," ucapnya seperti dikutip situs resmi Persib.co.id.

Di antara kesibukannya, dokter yang berpraktik di RS Melinda 2 Bandung dan RS Kasih Ibu Denpasar ini, juga aktif berkontribusi di bidang riset, ilmu pengetahuan dan pengabdian masyarakat. Hingga sekarang, dokter yang mengambil program spesialis di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini aktif di American College of Sports Medicine (ACSM), Research Fellow International Society of Hypertension (ISH), dan juga aktif di Yayasan Alzheimer Indonesia cabang Bandung.

Alvin pun aktif dalam berbagai kegiatan seperti Raffles Fellow on Raffles Dialouge 2018 - National University Health System (NUHS) Singapore juga Research Fellow - International Society of Hypertension (ISH). 

Sebelum memutuskan kembali ke Bandung, pria kelahiran 31 Januari 1986 ini sudah lama bergelut dengan dunia atlet dan olahraga. Sambil kuliah di UI, ia bekerja di Indonesia Sports Medicine Centre (ISMC) Jakarta kurang lebih selama lima tahun. Setelah lulus, Alvin pun memutuskan balik Bandung dan bergabung dengan Persib Bandung untuk memenuhi janjinya.

Halaman
1 2
Reporter: Setiawan
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler