8 manfaat Khasian Daun Jawer Kotok Untuk Kesehatan
Jumat, 9 Oktober 2020 13:22 WIB
Share
Tanaman Jawer Kotok memiliki banyak manfaat untuk kesehatan

Tahukah kamu tanaman Jawer Kotok? Nama latin dari jawer kotok adalah plectranthus scotellaroides. Tanaman herbal ini tumbuh subur di pekarangan rumah, ladang atau pun kebun

Biasanya orang menanam tanaman ini sebagai tanaman hias. Tapi tahukah kamu jika tanaman ini juga termasuk tanaman obat. Daunnya sendiri menyerupai hati, dan dibagian sisi daunnya berbentuk gerigi,

 

Jawer kotok memiliki sifat anti-radang alais dan anti-inflamasi. Berdasarkan hasil penelitian para ahli menyebut, jawer kotok mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai anti-inflamasi, antiseptic, anti-hipertensi, dan juga anti-kanker. Tanaman ini pun memiliki kandungan  mineral, zat pati, zat alkaloids, dan minyak terbang yang baik untuk kesehatan tubuh.

Diantara khasiat tanaman Jawer Kotok berikut ini 8 manfaatnya untuk kesehatan

  1. Mengobati Luka

Jika anda mengalami luka ringan seperti tersayat pisau dan lainnya, anda tidak usah repot-repot mencari atau membeli obat merah. Caranya remas-remas daun jawer kotok beberapa helai saja, setelah hancur, tempelkan ke bagian tubuh yang terluka.

  1. Ambeien atau wasir

Jika anda penderita wasir, ada baiknya mencoba ramuan jawer kotok. Selain menyiapkan jawer kotok sebagai bahan utama, sediakan pula kunyit dan daun ngokilo. Rebus bahan-bahan tadi dalam air mendidih. Minum air rebusan tersebut sehari tiga kali.

3 . Radang telinga

Jawer Kotok juga bisa digunakan untuk radang telinga pada anak, caranya adalah dengan merebus air tersebut lalu teteskan apda telinga anak anda .

Halaman
1 2
Reporter: Resti
Editor: Editor Admin
Sumber: -
Berita Terpopuler