Penjaga Gawang Muda Persib Muhammad Aqil Savik Kembali Dipanggil Timnas PSSI

Sabtu, 19 Desember 2020 19:13 WIB

Share
Penjaga gawang muda Persib Bandung, Muhammad Aqil Savik, kembali mendapatkan panggilan dari Tim Nasional Indonesia untuk pemusatan latihan ke SEA Games Vietnam. (Persib).

POSKOTAJABAR, BANDUNG.

Penjaga gawang muda Persib Bandung, Muhammad Aqil Savik, kembali mendapatkan panggilan dari Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Hal tersebut tertuang dalam surat PSSI bernomor 2817/AGB/528/XII-2020 yang diterima PT Persib Bandung Bermartabat, pada Jumat 18 Desember 2020.

Menurut surat dari PSSI  tersebut, Aqil dipanggil untuk mengikuti program pemusatan latihan guna menyongsong pesta olahraga Asia Tenggara (SEA Games) yang akan digelar tahun depan.

"Sehubungan dengan akan diadakannya SEA Games ke-31 yang akan diselenggarakan di Hanoi, Vietnam pada tanggal 21 November - 2 Desember 2021, PSSI akan melakukan pemusatan latihan Tim Nasional Indonesia SEA Games Putra sebagai persiapan menghadapi turnamen tersebut," tulis surat yang ditandatangani oleh Plt. Sekretaris jenderal PSSI, Yunus Nusi tersebut.

BACA JUGA:  Empat Orang Kepala Dinas di Cianjur Positif Covid-19, Satu Orang Meninggal Dunia

Pemain jebolan Diklat Persib itu, diharapkan sudah bergabung bersama skuad Garuda di Jakarta mulai Minggu 20 Desember 2020. Berdasarkan agenda, pemusatan latihan akan berlangsung hingga tanggal 31 Desember 2010 mendatang.

Ini bukan pertama kalinya Aqil dipanggil oleh Timnas. Sebelumnya, pemain yang identik dengan nomor punggung 30 ini juga pernah memperkuat Timnas U-19 dalam ajang Piala Asia U-19.

Seperti diketahui, Muhammad Aqil Savik adalah penjaga gawang muda Persib Bandung. Ia merupakan penjaga gawang termuda saat menjalani debut bersama Persib Bandung,  sejak era Liga Super Indonesia yang mulai diputar tahun 2008. Rekor itu, dibuat Aqil pada laga melawan Bali United di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat 26 Juli 2019.

Saat memasuki lapangan di awal babak kedua untuk menggantikan I Made Wirawan yang cedera, kiper kelahiran 17 Januari 1999 ini baru menginjak usia 20 tahun, 190 hari. 

Aqil mematahkan rekor penjaga gawang Persib Bandung sebelumnya, dengan debut termuda yang sebelumnya dicatat Shahar Ginanjar saat Persib Bandung menjamu PSPS Pekanbaru, 27 Februari 2013. Saat itu, Shahar masih berusia 22 tahun, 115 hari.

BACA JUGA:  Polda Metro Jaya Mengamankan Sebanyak 455 Orang Terkait Aksi 1812

Meski bersyukur dengan kesempatan yang diberikan, Aqil mengaku tetap kecewa dengan hasil di laga debutnya. Sebab, Persib Bandung harus mengakui keunggulan Bali United 0-2. 

“Alhamdulillah, senang sekali pastinya karena saya bisa debut bersama tim kota kelahiran dan kebanggaan saya sejak kecil. Tapi, kita tahu hasilnya sangat mengecewakan,” ujarnya.

Mengenai kesiapannya dalam menatap laga selanjutnya, Aqil tak mau muluk-muluk. Ia berjanji bakal memberikan yang terbaik bagi tim Maung Bandung.  “Intinya Insya Allah saya siap,” katanya. (nang's)

Reporter: Setiawan
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler