Tatkala Sang Jurnalis Memuisi Terbawa Naluri, Bisa Terjadi Campur Kode Dua Talenta

Minggu, 21 Februari 2021 17:52 WIB

Share

Feature puitis begitu terasa jejaknya dalam kemasan puisi, untuk menggapai semacam representasi, misalnya pada “Bulan di Atas Candi Sewu”. Bulan yang belum purnama sepenuhnya, justru lebih menegaskan keindahan candi yang bernama lain Manjusringha itu dan hanya berjarak 800 meter dari Candi Prambanan.

//baru separuh purnama pun/bulan tak segan menyembul elok/di atas Candi Sewu/apalagi

nanti/ketika purnama penuh membuktikan jiwa//

//dengan cahaya belum sempurna pun/siluet candi mengukir langit/sesekali menyusup uap kabut/suasana jiwa yang tak setiap saat bisa dicecap/suasana rasa yang tidak setiap waktu bisa diserap//

Aksentuasi keindahan itu kemudian menyentuh sejumlah properti tempat peribadatan itu:

//purnama di atas Manjusringha/menyiram bebatuan/perwara-perwara berkilat putih cahaya/pohon bodhi tenang menjaga/bersama sepasang Dwarapala/dengan gada mengukuhkan wibawa//

//pucuk-pucuk stupa/meraih tangan rembulan/mengabarkan syahdu malam/yang sudah terasa/tanpa menunggu embun/menyimak syair-syair nirwana// (halaman 15).

Masih dengan jejak feature puitis yang tidak kurang liat, ziarah cinta yang khusyuk pun tecermin pada “Teduh Bebatuan Candi Ijo”: //bertamu ke altarmu/di dingin hijau/wajah teduh bebatuan/di ketinggian bukit/membahasakan narasi pesan/bersemadilah dalam khusyuk jiwa//.

Ada pula kesamaran yang begitu memikat di balik gairah penyatuan lingga dan yoni: //di ketinggian candi/masih terlipat misteri/prasasti yang belum terbaca hati// //di ruang kemuliaan/penanda kuat melekat/lingga dan yoni/penyatuan Siwa dan Parwati//.

Dan, berujung menuju ke hasrat menjulurkan rasa kapang pada kesilaman: //bermesra di senyapmu/melaut getar rasa/mata menapak ke satu per satu tangga/menyiratkan luap rindu/ada masa lalu yang menuntun cahaya/mengetuk pintu swarga// (halaman 37).

Halaman
1 2 3 4 5
Reporter: Setiawan
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler