Layakanya Balapan Formula 1, 'Mobil Setan' Jadi Raja di Jalanan Bogor-Sukabumi
Selasa, 23 Februari 2021 14:36 WIB
Share
Bagi Anda warga asli Bogor atau Sukabumi, pasti sudah tidak asing lagi dengan jukukan 'Mobil Setan' satu ini.(Foto: travelounge.co)

POSKOTA JABAR, BANDUNG

Apa yang ada dibenak Anda jika mendengar kata Mobil setan?, mungkin Anda berpikir jika itu adalah mobil angker yang dihuni banyak setan atau makhkuk halus lainnya. Jika Anda berpikir seperti itu, maka duguaan Anda keliru.

Mobil setan yang dimaksud ini adalah hanya julukan untuk mobil jenis Mitsubishi L300 yang dipakai sebagai mobil angkutan umum jurusan Bogor-Sukabumi. Bagi Anda warga asli Bogor atau Sukabumi, pasti sudah tidak asing lagi dengan jukukan mobil angkutan satu ini.

Tapi bagi Anda yang baru mendengar julukan mobil ini, pasti heran kenapa bisa dijuluki “Mobil Setan”. Julukan ini disematkan, oleh karena mobil ini sanggup melaju dengan kecepatan tinggi diatas kecepatan rata-rata, bahkan saat kondisi jalanan sedang padat sekalipun.

BACA JUGA: Cuti Bersama Tahun 2021 Dipangkas Pemerintah, Berikut Ini Daftarnya

Maka dari itu julukan ‘Mobil Setan’ ini disematkan pada angkutan ini, karena mobil ini selalu berjalan dengan kecepatan tinggi bak setan, yang melaju seperti menantang maut. Beberapa supir mengungkapkan alasannya kenapa harus melajukan kendaraan diatas rata-rata, selain untuk kejar setoran, biasanya ada sebagian yang protes jika mobil ini melaju dengan kecepatan rendah.

Moda transportasi satu ini masih menjadi idola bagi sebagian masyarakat Sukabumi, Bogor dan sekitarnya. Karena dengan tarif yang relatif murah, yaitu Rp.30.000, penumpang sudah bisa menempuh jarak tempuh 60 km hanya dengan waktu kurang dari 2 jam, bahkan bisa lebih kurang lagi jika perjalanan dilakukan pada malam hari.

Untuk urusan salip menyalip di jalanan sudah menajdi keahlian dari para supir ‘Mobil Setan’ ini. Jika jalan sebelah kanan kosong, maka sang pengemudi akan langsung menyalip melalui jalur kanan walaupun melawan arus, akan terus diterobos sampai beberapa meter di depan ada kendaraan lain, baru si pengemudi dengan kesaktiannya akan segera menyodok muka mobil ke sebelah kiri untuk mengambil jalan di jalur kiri. 

BACA JUGA: Tak Terlihat Kehadiran Parpol di Tengah Korban Bencana

Jika dalam kondisi macet, tidak jarang pengemudi mengambil jalur alternatif yaitu bahu jalan di sebelah kiri. Perilaku pengemudi yang layaknya para pembalap Formula 1 ini membuat Colt L300 dijuluki raja jalanan.

Halaman
1 2
Reporter: Edi
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler