Kutukan Mpu Gandring dan Siklus Kekuasaan di Indonesia
Minggu, 7 Maret 2021 06:36 WIB
Share
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang dikhianati oleh kadernya yang sudah dipecat. (Partai Demokrat.or.id)

Oleh KARYUDI SUTAJAH PUTRA Karyudi Sutajah Putra


SUSILO Bambang Yudhoyono (SBY) merasa dikhianati oleh Moeldoko dan Marzuki Alie? Jangan heran. Begitulah galibnya siklus kekuasaan di Indonesia: sarat pengkhianatan!

Bila di Romawi kuno, kini Italia, ada kisah pengkhianatan Brutus, maka di Nusantara ada kisah pengkianatan Ken Arok. Marcus Junius Brutus, seorang senator kepercayaan Julius Caesar, tega membunuh penguasa Romawi itu pada 15 Maret 44 SM.

Sementara Ken Arok, ketika pesanan kerisnya yang sudah lima bulan tak kunjung jadi, merebut keris yang belum sempurna itu dari tangan pembuatnya lalu menikamkannya ke Mpu Gandring. Ken Arok kemudian dikutuk Mpu Gandring bahwa keris buatannya itu akan menelan korban hingga tujuh turunan.

Ken Arok kemudian membunuh orang yang telah memberinya jabatan, Tunggul Ametung, Akuwu (Bupati) Tumapel, dan merebut istrinya, Ken Dedes.

Ken Arok lalu mendirikan Kerajaan Singasari di Jawa Timur kini dan berkuasa selama lima tahun, 1222-1227, sebelum akhirnya dibunuh Anusapati, anak Ken Dedes-Tunggul Ametung. Anusapati kemudian dibunuh Tohjaya, anak Ken Arok dari selir Ken Umang. Begitu seterusnya. Semua pembunuhan dilakukan dengan keris Mpu Gandring.

BACA JUGA:  Asep Wahyuwijaya: KLB Partai Demokrat di Sumutera Utara Adalah Upaya Pembajakan Partai

Tuah kutukan Mpu Gandring itulah kiranya yang kemudian mewarnai siklus pergantian kekuasaan di Indonesia hingga kini. Betapa tidak?

Peralihan kekuasaan dari rezim Orde Lama ke rezim Orde Baru diwarnai pengkhianatan oleh Soeharto kepada Soekarno melalui Surat Perintah 11 Maret 1966.

Halaman
1 2 3 4
Reporter: Setiawan
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler