Pangkat Militer AHY Lebih Tinggi Daripada John F. Kennedy
Senin, 8 Maret 2021 19:52 WIB
Share
Agus Harimurti Yudhoyono saat masih berdinas sebagai anggota TNI. (fimela.com)

Oleh  TOMMY RUSIHAN ARIEF


HAMPIR semua orang mengenal John Fitzgerald Kennedy (JFK). Salah-satu presiden Amerika Serikat paling hebat dan terkenal. Bahkan, hingga hari ini, 57 tahun setelah kematiannya.

JFK dikenal sebagai presiden flamboyan, orator ulung, dan sangat visioner. Salah-satu karya terbesar JFK adalah proyek peluncuran manusia pertama ke bulan (Apollo 11-1969) yang tidak sempat disaksikannya. JFK juga adalah mantan anggota militer berpangkat letnan yang nyaris tewas, setelah kapalnya hancur ditorpedo kapal perang Jepang saat PD 2 di Samudera Pasifik.

Akibatnya, JFK mengalami cidera punggung parah. Pengalamannya sebagai tentara, ikut menempa mental dan karakternya saat terjun ke dunia politik, melalui partai Demokrat. JFK terpilih sebagai presiden Amerika Serikat termuda tahun 1961 dalam usia 43.

BACA JUGA:  AHY Serahkan Bukti Sebagai Ketua Umum Partai Demokrat yang Sah ke Kemenkumham, Bawa Dua Boks Dokumen

Ternyata, pangkat militer JFK lebih rendah dibanding Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). AHY juga lulusan Sekolah Pemerintahan John F. Kennedy Universitas Harvard, Cambridge. Massacusetts. AS. Universitas paling bergengsi yang juga almamater JFK dan sejumlah tokoh besar dunia lainnya, seperti mantan Sekjen PBB Ban Ki Moon.

Setidaknya, ada lima mantan presiden AS selain JFK yang memiliki latar belakang militer dengan pangkat antara letnan sampai mayor. Mulai dari Richard Nixon, Gerald Ford, Jimmy Carter, Ronald Reagan sampai George Bush Sr.

Kemampuan dan reputasi mereka sebagai presiden, tidak kalah (bahkan mungkin lebih di beberapa aspek) dibanding satu-satunya jenderal bintang lima yang pernah jadi presiden AS, Dwight Eisenhower.

BACA JUGA:  Para Ketua DPD Partai Demokrat se-Indonesia Menyatakan Dukungan untuk Agus Harimurti Yudhoyono

Jadi, marilah kita semua lebih bersabar untuk bisa menilai kemampuan AHY secara lebih obyektif. Paling tidak, setelah 2024. Bukan sekarang.***

Halaman
1 2
Reporter: Setiawan
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler