Objek Wisata Citumang Pangandaran Jadi Kawasan Body Rafting, inilah Harga Tiketnya
Selasa, 16 Maret 2021 07:13 WIB
Share
Salah satu wisatawan tengah meloncat saat body rafting di sungai Citumang Pangandaran (foto: dry)

POSKOTAJABAR,PANGANDARAN.
Objek wisata sungai Citumang yang kini menjadi kawasan wisata body rafting, merupakan aliran sungai besar yang dikelilingi alam hutan di Blok Sukamanah Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Bukan sekedar sungai pada umumnya, Sungai Citumang yang dikelola masyarakat sekitar dan Perum Perhutani itu memiliki keunikan lain yang menawarkan pemandangan alam hutan, goa yang terletak di hulu sungai dan aliran air yang jernih.

Keistimewaan dari sungai tersebut, yaitu menyuguhkan keindahan alam dan tantangan petualangan bagi wisatawan untuk menjelajahinya.

Salah seorang pengelola objek wisata Citumang, Wawan Setiawan menyebutkan, setiap pengunjung yang masuk ke Citumang diwajibkan membeli tiket dan tarifnya pun vatiatif.

"Harga tiket masuk bagi wisata nusantara pada weekday hanya Rp 20.000 sedang weekend Rp 25.000, dan tiket masuk khusus wisatawan mancanegara sebesar Rp 29.000," ujarnya kepada  saat ditemui di loket karcis pintu masuk Objek Wisata Citumang, kemaren.

Kata Wawan, tempat objek wisata Citumang buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.30 WIB.

"Sekarang tamu mulai ramai lagi, sebelumnya tingkat kunjungan sempat sepi, tapi sekarang alhamdulilah mulai menggeliat lagi kunjungan wisatawan ke Citumang," ucapnya.


Termasuk Asuransi Kesehatan

Wawan mengatakan, harga tiket yang sejumlah tadi disebutkan sudah termasuk dana sharing (bagi hasil,red) ke Desa Bojong dan Asuransi kecelakaan.

"Bukannya kita berharap, tapi yang namanya kecelakaan tidak ada yang tahu, apabila ada pengunjung yang mengalami kecelakaan itu dapat asuransi, itupun jika membeli tiket masuk kalau tidak ya gak bisa di klaim asuransi," tutur Wawan.

Menurut dia, track atau jarak tempuh body rafting di Citumang pendek hanya 1 kilometer cuma dalam track itu ada beberapa permainan.

"Diantaranya ada loncatan dan tempat-tempat permainan anak-anak serta lainnya sehingga itu membutuhkan waktu antara 1 sampai 2 jam," sebutnya.

Baca juga: PON XX Dijadwalkanakan 2-15 Oktober 2021, Dipastikan Tidak Akan Ditunda Lagi


Dia mengimbau, bagi wisatawan yang hendak berkunjung Citumang untuk mengikuti aturan yang diterapkan oleh pihak Perhutani sebagai pengelola objek wisata Citumang.

"Kalau untuk jalan-jalan itu cukup beli tiket masuk kunjungan saja, tapi dikala itu mau body rafting pengunjung harus pakai pelampung dan wajib didampingi pemandu sesuai SOP yang ditandatangani oleh Bupati Pangandaran," imbaunya.

Menurut Wawan, pengunjung yang mau body rafting di sungai Citumang dengan kelas rombongan atau perorangan bisa mengambil tarif paket.

"Kelas rombongan 10 orang keatas harga paketnya Rp 80 ribu perorang, sedangkan 10 orang kebawah tarifnya Rp 100 ribu perorang, tarif paket pengunjung sudah termasuk makan, tiket masuk, pelampung, pemandu plus angkutan ke rest area untuk bus besar," pungkasnya. (dry)



Reporter: Suherlan
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler