Gempa Magnitudo 7,2 Melanda Jepang, Akibatkan Tsunami dan Kerusakan
Sabtu, 20 Maret 2021 22:35 WIB
Share
Gempa lokal di Jepaang tak berpengaruh ke Indonesia. (Setkab.go.id)

POSKOTAJABAR, JAKARTA.

Jepang kembali dilanda gempa dan tsunami. Kali ini, gempa berkekuatan Magnitudo 7,2 pada kedalaman 60 Km dengan lokasi di pantai timur laut Jepang atau di daerah Prefektur Miyagi, hari Sabtu (20/03/2021) petang sekitar pukul 18.00 waktu setempat. Akibatnya, gempa bumi ini menimbulkan tsunami sekitar 1 meter.

Staf KBRI di Tokyo, Andri Sumaryadi, yang dihubungi melalui WhatApps, mengatakan, gempa berkekuatan Magnitudo 7,2 tersebut telah menimbulkan gelombang tsunami setinggi sekitar 1 meter. Oleh karena itu, Badan Meterologi Jepang (JMA), memperingatkan warga Jepang untuk waspada.

BACA JUGA: Sah, Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan sebagai Bupati Bandung 2021-2026, Hasil Rapat Pleno KPU Kabupaten Bandung

"Gempa terjadi sekitar pukul 18.09 waktu disini (Jepang. red) dengan pusat di perairan Pasifik, lepas pantai Miyagi dengan kedalaman 60 Kilometer. Diberitakan, gelombang tsunami pertama hingga 1 meter menghantam daratan beberapa saat setelah gempa bumi," ungkap Andri Sumaryadi.

Menurut Andri Sumaryadi, pemerintah Jepang merespons dengan mengurangi segala bentuk aktivitas. Misalnya, layanan Kereta Super Cepat Shinkansen Tohoku langsung dihentikan. "Banyak bangunan yanag rusak, namun scara resmi, sampai dengan saat ini, belum ada laporan mengenai korban dan kerusakan akibat gempa dan tsunami ini," ujar Andri Sumaryadi.

BACA JUGA: Pesawat Terbang CN 235-220 Versi Militer Buatan PT DI Segera Mengudara di Benua Afrika

Diungkapkan Andri, guncangan gempa juga dirasakan di Tokyo yang jauhnya sekitar 400 km selatan pusat gempa. Namun, tidak begitu besar seperti terjadi pada tahun 2011 dimana gempa berkekuatan sekitar Magnitudo 9,0. (nst)


Reporter: Setiawan
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler