Sempat Terpuruk, Okupansi Hotel di Pangandaran Naik 30 % pada Libur Akhir Pekan
Minggu, 21 Maret 2021 06:35 WIB
Share
Para wisatawan yang tengah asyik berenang dikolam renang The Anawa Hotel (foto: ist)

POSKOTAJABAR,PANGANDARAN.

Pada awal pandemi Covid -19 tahun lalu,  bisnis hotel di Kabupaten Pangandaran sempat berhenti. Pasalnya, pemerintah daerah mengeluarkan berbagai aturan yang mengakibatkan tingkat kunjungan menurun drastis.

Okupansi (tingkat hunian red) terjun bebas dan pendapatanpun hilang. Diawal tahun 2021 saat objek wisata kembali normal, hotel di Pangandaran mencoba untuk bangkit kembali.

General Manager The Arnawa Hotel,  Aby Kuswanto tidak memungkiri, bahwa sampai akhir tahun 2020, tingkat hunian turun hingga 50 persen.

"Kita kerepotan sampai akhir tahun, semua hotel merasakan hal yang sama," ujar Aby saat dihubungi POSKOTAJABAR, Sabtu (20/03/2021).

Kata dia, sejak awal tahun 2021 tingkat kunjungan mulai sedikit mengalami peningkatan sampai 30 persen, hal itu tidak lepas dari kebijakan pemerintah.

"Mulai dari vaksin, izin keramaian, sangat membantu sekali bagi warga Pangandaran khususnya pengusaha hotel," katanya.

div>
Diharapkan Terus Meningkat

Menurut dia, The Arnawa Hotel membuat kebijakan menaikan harga kamar hingga 10 persen sejak awal tahun lalu. "Karena memang satu sisi kita ingin memberikan yang terbaik untuk tamu," ucapnya.

Sisi perbaikan pelayanan dan kualitas fisik hotel, sambung dia, jelas harus dilakukan. "Kalau promo mah tetap ada seperti biasanya," akunya.

Dia juga berharap tingkat hunian akan terus naik dan Covid-19 bisa berakhir. "Ya kita harap semuanya kembali normal, ekonomi juga normal," harapnya.


Sementara itu, wisatawan asal Majalaya Bandung , Jhonatan (35) keluarga mengaku, sengaja mengisi waktu liburan ke Pantai Pangandaran dengan menggunakan kendaraan pribadi.

"Kami sengaja memilih The Arnawa Hotel lantaran tempatnya nyaman, dan harga juga terjangkau, selain itu anak-anak juga bisa berenang dengan puas," singkatnya. (dry)

Reporter: Suherlan
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler