Frets Butuan Selamatkan Persib Bandung dari Kekalahan, Tertinggal Hingga Menit-89 dari Bali United

Rabu, 24 Maret 2021 21:05 WIB

Share
Pemain Persib Bandung, Frets Butuan (paling kiri), merayakan gol bersama pemain lainnya yang menyelamatkan Persib dari kekalahan. (Persib)

POSKOTAJABAR, YOGYAKARTA.  

Pemain baru Persib, Frets Butuan, menjadi penyelamat bagi tim Pangeran Biru itu. Betapa tidak, pemain berkulit legam ini mampu membuat gol untuk Persib setelah tertinggal dan nyaris kalah dari Bali United.

Pada pertandingan babak penyisihan Grup-D Piala Menpora 2021 yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo Sleman, Yogyakarta, Rabu (24/03/2021) itu, gol balasan yang dicetak Frets Butuan tercipta pada menit-89 menyamakan skor setelah Persib tertinggal 0-1 dari Bali United sejak menit-51.

Pertarungan dua tim papan atas Liga 1 Indonesia antara Persib Bandung melawan Bali United ini, memang berlangsung seru. Bahkan, pertandingan ini menjurus ke permainan yang "panas".

BACA JUGA: Hattrick Assanur Rijal Hantarkan Persiraja Bungkam Persita, Penyisihan Grup-D Piala Menpora 2021

Walhasil, dengan tensi yang panas itu sejak awal sudah keluar beberapa kartu kuning. Menit ke-8, pemain Persib, Nick Kuipers, diganjar kartu kuning karena mengganjal keras pemain Bali United, Stefano Lilipaly. Setelah itu, Victor Igbonefo yang mendapat kartu kuning mendapat karena melanggar Ilija Spasojevic.

Bali United tampaknya meredam permainan tensi tinggi para pemain Persib. Sehingga, dengan ketenangan itu mereka mampu melakukan serangan balik yang mengancam gawang I Made Wirawan.

Oleh karena itu, peluang emas awal diperoleh Bali United. Ricky Fajrin langsung membuat para penonton Persib di layar kaca harus menarik nafas panjang pada menit-15. Sundulan Ricky Fajrin meneruskan sebuah umpan dari sepak pojok, sedikit menyamping dari gawang I Made Wirawan.

Setelah agak tenang, penampilan Persib mulai membaik. Sehingga, pasukan Pangeran Biru juga berkesempatan mengancam gawang Bali United yang dijaga Wawan Hendrawan. Pada menit-23, sundulan Igbonefo masih bisa diamankan Wawan Hendrawan. 

Sebuah pelanggaran yang dilakukan Ardi Idrus di depan kotak penalti Persib, nyaris berakibat fatal. Untung saja tembakan bebas Stefano Lilipaly masih diredam pagar hidup para pemain Persib, sehingga dengan mudah diamankan I Made Wirawan.  

Menjelang babak pertama berakhir atau pada menit-42, Persib mendapat peluang emas ketika umpan silang Esteban Vizcarra gagal ditangkap Wawan Hendrawan. Sayang, sontekan Ferdinand Sinaga ke gawang yang sudah kosong hanya melebar.  

Sebelumnya, pada menit-38, pemain Bali United, Haudi Abdillah, yang diberi kartu kuning karena melakukan pelanggaran keras kepada Beckham Putra Nugraha yang tengah melakukan serangan ke daerah pertahanan Bali United. 

Sampai wasit meniup peluit tanda turun minum, kedudukan bertahan 0-0. 


Memasuki babak kedua, Bali United mencoba memancing dengan permainan keras. Namun, akibatnya pada menit-56 pemain mereka, Andhika, diganjar kartu merah akibat akumulasi kartu kuning karena sebelumnya pada menit-48 Andhika diganjar kartu kuning karena melanggar Frets Butuan. 

Petaka bagi Persib pada menit-51, ketika jala gawang Pangeran Biru bergetar melalui Wiliam Pacheco, yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Made. Bola masuk. Persib tertinggal 0-1. 

Untuk meningkatkan serangan, pelatih Roberts Rene Alberts mengganti sekaligus dua pemainnya pada menit-62. Dua pemain yang keluar adalah Beckham Putra Nugraha dan Ferdinand Sinaga digantikan Wander Luiz  dan Abdul Aziz. 

Enam menit kemudian, Robert pun menarik keluar Henhen Herdiana dan menggantikannya dengan Bayu M. Fiqri. 


Persib baru mampu menyamakan kedudukan pada menit-89 melalui pemain depan Frets Butuan.  Berawal dari tendangan sudut Erwin Ramdani. Bola bergulir di di kotak penalti Bali United. Langsung dimanfaatkan dengan baik oleh Frets Butuan yang berdiri tanpa pengawalan. Skor berubah, 1-1 hingga pertandingan berakhir. (nst)
Reporter: Setiawan
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler