Anedhonia, Gangguan Psikologis Ketika Seorang Kehilangan Rasa Bahagia
Rabu, 14 April 2021 15:14 WIB
Share
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Anhedonia adalah kondisi di mana Anda tidak dapat merasakan kesenangan atas segala hal yang terjadi dalam hidup Anda. Anda kehilangan ketertarikan terhadap hal-hal yang sebelumnya menarik bagi diri Anda.

Saat mengalami kondisi ini, Anda mungkin tidak akan tertarik untuk melakukan kegiatan yang sebelumnya Anda sukai, bahkan menjadi hobi. Anda juga mulai tidak tertarik untuk berkumpul bersama teman, tidak semangat dalam bekerja, dan tidak memiliki nafsu untuk makan.

Bahkan hingga enggan dan malas berhubungan seks dengan pasangan. Semua hal yang tadinya membuat Anda merasa puas dan senang dengan hidup, kini berubah menjadi hal yang membosankan dan membuat tertekan.

Dalam pskilogi, terdapat kondisi kesehatan mental yang dapat membuat penderitanya kehilangan rasa bahagia, kondisi ini disebut "Anhedonia". Kondisi ini membuat seseorang tak dapat merasakan kesenangan atas segala hal yang terjadi dalam hidupnya, bahkan kehilangan ketertarikan terhadap hal-hal yang sebelumnya menarik bagi dirinya.

Salah satu penyebab dari anhedonia adalah penggunaan obat seperti antidepresan dan antipsikotik yang digunakan untuk menyembuhkan depresi. Meski berkaitan erat dengan depresi, namun untuk mengalami Anhedonia, seseorang tidak perlu merasa depresi atau sedih.

Salah satu gejalanya adalah sulit menyesuaikan diri dalam situasi sosial, memutus hubungan personal dengan orang lain, bahkan mengalami gangguan fisik yang rutin misalnya sering sakit.

BACA JUGA: Dampak Negatif dari Berpura-pura Bahagia Bagi Kesehatan Mental

Berbicara tentang kondisi anhedonia sama halnya membicarakan banyak keluhan. Anhedonia terbagi menjadi dua jenis, yaitu fisik dan sosial. Ketika seseorang mengalami anhedonia, maka akan mengalami beberapa hal berikut ini: 

Halaman
1 2
Reporter: Reza
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler