Mengenal Penyakit GERD atau Asam Lambung dan Cara Penyembuhannya
Kamis, 15 April 2021 11:47 WIB
Share
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease merupakan suatu gangguan dimana isi lambung yaitu Asam dan enzim mengalir kembali (reflux) secara berulang ke dalam kerongkongan (esofagus) yang menyebabkan iritasi dari kerongkongan dan dapat menimbulkan gejala-gejala yang mengganggu.

Dalam keadaan normal, makanan seharusnya masuk ke mulut menuju sfingter esofagus bagian bawah, dan menutup saat makanan sudah masuk ke lambung untuk mencegah naiknya makanan atau asam lambung kembali ke esofagus. Di sana makanan umumnya bertahan selama tiga hingga empat jam untuk dicerna.

Namun pada kasus GERD terdapat kelainan berupa terlalu kendur (relaksasi) atau lemahnya sfingter esofagus bagian bawah sehingga makanan yang sudah ditampung di lambung naik kembali ke kerongkongan –atau bisa saja hanya berupa cairan asam lambungnya.

BACA JUGA: Asam Lambung Sedang Tinggi?, Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Meredakannya

Gejala GERD antara lain:

- Rasa terbakar di dada
- Kerongkongan terganggu
- Nyeri di ulu hati
- Sesak nafas
- Kembung, mual dan muntah
- Kecemasan berlebihan dll

BACA JUGA: 8 Makanan yang Efektif Menanggkal Asam Lambung

GERD biasanya disebabkan oleh:

1. Kelebihan lemak dalam tubuh yang terakumulasi (obesitas)
2. Disfungsi organ pembatasan antara lambung dan esofagus
3. Pengosongan lambung yang terlambat.

Jika anda merasakan beberapa gejala di atas, saran kami jangan buru-buru ke dokter, cobalah pengobatan alami dengan beberapa bahan herbal yang terbukti dapat mengatasi berbagai penyakit LAMBUNG dengan alami dan tanpa efek samping, seperti:

Halaman
1 2
Reporter: Reza
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler