Prefektur Ibaraki Jepang Berharap Pengiriman Tenaga Kerja Terampil Indonesia Terus Berlanjut
Jumat, 16 April 2021 05:46 WIB
Share
Pemerintah Prefektur Ibaraki, Jepang melakukan pertemuan dengan Fungsi Ekonomi KBRI Tokyo. (Ist.)

POSKOTAJABAR, TOKYO.

Pemerintah Prefektur Ibaraki, Jepang mengharapkan, kerja sama yang telah terjalin mengenai pengiriman tenaga kerja terampil/Specified Skilled Workers (SSW) melalui penandatanganan MoU antara Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dengan Prefektur Ibaraki, terus berlanjut dan direalisasikan.

Hal itu terungkap, dalam pertemuan antara pemerintah Prefektur Ibaraki, Jepang dengan Fungsi Ekonomi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, untuk bermitra dalam peningkatan pengiriman tenaga kerja terampil/Specified Skilled Workers (SSW) dari Indonesia.

Kerja sama itu sendiri dilakukan, guna memenuhi tingginya kebutuhan tenaga kerja di Prefektur Ibaraki, Jepang. Kebutuhan SSW di Ibaraki utamanya adalah untuk tenaga kerja sebagai perawat lansia, industri pengolahan makanan (pengalengan ikan), dan industri lainnya.

BACA JUGA: Kepala Korp Lantas Mabes Polri, Cek Kesiapan Penyekatan Perbatasan Jabar-Jateng

Menurut Staf KBRI Tokyo, Andri Sumaryadi, pada pertemuan tersebut, pemerintah Prefektur Ibaraki menyampaikan terkait hal kerja sama yang telah terjalin melalui penandatanganan MoU antara Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dengan Pemerintah Prefektur Ibaraki, pada 26 November 2020.

Diharapkan, kerja sama ini dapat berlanjut sekaligus mempromosikan pelatihan, pengiriman, dan penerimaan lulusan UPI untuk dapat bekerja di lingkungan Prefektur Ibaraki sebagai SSW.

BACA JUGA: Ngamuk dan Tembakkan Senjata Api, Pedagang Pasar Andir Kota Bandung Diamankan Polisi

Ke depannya, KBRI Tokyo dan pemerintah Ibaraki sepakat untuk menyelenggarakan Web Seminar Promosi Peluang Bekerja Tenaga Terampil Indonesia untuk dapat bekerja di Prefektur Ibaraki.

"Webinar ini akan mengundang asosiasi pemagang, komunitas Indonesia di Jepang, eks pemagang (kenshusei) yang tertarik untuk dapat bekerja sebagai SSW di Prefektur Ibaraki," ungkap Andri Sumaryadi. (nst)

Reporter: Setiawan
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler