Cara Mengatasi Pikiran Intrusif: Pikiran yang Mengganggu Dalam Kepala
Sabtu, 17 April 2021 16:25 WIB
Share
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Pikiran intrusif adalah salah satu tanda adanya masalah kesehatan dalam diri Anda. Kondisi ini mungkin hanya lewat begitu saja, namun seringkali memicu rasa tak nyaman hingga stres pada orang yang mengalaminya.

Pikiran intrusif adalah pikiran yang mengganggu dalam kepala. Pikiran ini seringkali muncul tiba-tiba menimbulkan rasa tidak nyaman bagi orang yang mengalaminya.

Pernahkah Anda merasa terganggu dengan pikiran yang ada di dalam kepala sendiri? Sebagai contoh, Anda mungkin pernah memiliki pikiran untuk memukul wajah teman atau menghabiskan waktu berdua dengan pacar sahabat sendiri. Jika iya, pikiran tersebut merupakan bentuk pikiran intrusif.

BACA JUGA: Bahaya! Terlalu Lama Menjomblo Berdampak pada Kesehatan dan Mental

Penyebab munculnya pikiran intrusif

Pikiran ini dapat muncul begitu saja tanpa sebab di kepala Anda secara tiba-tiba. Namun, pada beberapa kasus, penyebab dari pikiran intrusif adalah adanya masalah kesehatan mental dalam diri Anda. Beberapa gangguan pada otak juga turut berkontribusi dalam munculnya pikiran ini.
Sejumlah penyebab munculnya pikiran intrusif adalah sebagai berikut:

  • Demensia
  • Cedera otak
  • Penyakit Parkinson
  • Gangguan obsesif kompulsif (OCD)
  • Gangguan stres pasca trauma (PTSD)

Untuk mengetahui kondisi yang mendasarinya, konsultasikan diri Anda ke dokter. Mengetahui penyebabnya dapat mempermudah Anda dalam menentukan tindak penanganan agar pikiran intrusif tidak muncul kembali.

BACA JUGA: Petisi Pemberhentian Produksi Drama Snowdrop Mendapatkan Lebih dari 200 Ribu Tandatangan

Jenis-jenis pikiran intrusif yang umum terjadi

Halaman
1 2
Reporter: Reza
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler