Ini Penjelasannya! Orang Perfeksionis Berisiko Mudah Lelah
Sabtu, 17 April 2021 16:38 WIB
Share
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Orang yang memiliki sifat perfeksionis dipercaya lebih berisiko mengalami kelelahan.

Apakah Anda memiliki kecenderungan untuk tampil sempurna? Apa Anda merasakan dorongan besar untuk menjadi sangat detail, terorganisir, rapi, hingga menuai komentar dari orang lain? Sejauh masih dikatakan ‘sehat’ dan membantu Anda mencapai tujuan, tidak ada masalah menjadi perfeksionis.

Sifat perfeksionis mulai melewati ‘batas’ ketika dorongan untuk sempurna membuat Anda jadi tidak fleksibel dan terbebani mentalnya. Akhirnya, sering muncul keluhan mudah lelah.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Pikiran Intrusif: Pikiran yang Mengganggu Dalam Kepala

Penyebab Mudah Lelah pada Orang Perfeksionis

Ketika sifat perfeksionisme tidak bisa ditahan dan membuat penderitanya kewalahan, muncul stres, rasa kepercayaan diri yang rendah, hingga depresi.

Kondisi tersebut berdampak negatif terhadap tubuh, salah satunya memicu keluarnya hormon kortisol (hormon stres).

Hormon kortisol yang keluar dapat meningkatkan kadar gula darah, meningkatkan tekanan darah, menyebabkan peningkatan denyut jantung, hingga menekan respon imun dan sistem pencernaan.

Kortisol juga memberikan dampak di bagian regio otak yang mengendalikan mood, motivasi, dan rasa takut. Akibatnya, fisiologi tubuh jadi terganggu.

Halaman
1 2 3
Reporter: Reza
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler