Faktor yang Menyebabkan Penuaan Dini dan Cara Mencegahnya
Minggu, 18 April 2021 14:28 WIB
Share
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Penuaan adalah salah satu fenomena yang mutlak nan hakiki. Kita tidak dapat menghentikannya. Namun demikian kita dapat menunda dan menghambat proses penuaan.

Seseorang yang masih berusia terbilang muda ternyata dapat mengalami penuaan dini. Orang tersebut dapat terlihat seperti seseorang dengan usia jauh lebih tua dari umur aslinya. Namun, mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Sehingga fisik kita dapat tampil lebih muda dari usia yang sewajarnya. Untuk mendukung proses perlambatan penuaan, sejatinya kita juga harus mengetahui hal-hal yang menjadi pencetus penuaan dini, baik pencetus dari dalam tubuh, maupun dari luar tubuh. Berikut adalah beberapa penyebab penuaan dini dari luar, berikut paparannya.

BACA JUGA: 5 Tanda Kamu Hanya Dijadikan Pelarian Wanita

Faktor-faktor dari luar tubuh yang dapat mempercepat terjadinya penuaan adalah:

Mindset & Stres

Pikiran Anda berperan penting apakah Anda akan tampak lebih tua atau justru lebih muda. Jika pikiran Anda dipenuhi harapan, optimisme, dan kegembiraan maka semakin muda wajah Anda. Sebaliknya, jika Anda selalu merasa marah, tertekan, dan stres, maka garis-garis halus dan kerutan akan tergambar secara permanen di wajah Anda. Tidak berarti bahwa satu hari yang buruk akan memberi Anda wajah penuh kerutan, tetapi jika Anda berekspresi muram hingga 50% dari waktu yang Anda punya, maka kerutan tersebut akan terbentuk keriput dan dalam secara konstan.

Cuaca & Kelembapan

Kerusakan akibat sinar matahari adalah penyebab utama keriput dan rusaknya kulit secara permanen. Semakin lama terpapar sinar matahari, maka semakin cepat pula Anda akan mengalami proses penuaan. Namun ketika Anda terpapar cuaca yang dingin pun, efeknya akan serupa. Kulit Anda tidak menjadi lebih kuat, tetapi justru tampak tipis dan kerutan bermunculan. Hal ini juga bisa terjadi jika Anda menggunakan obat-obatan anti jerawat yang terlalu keras selama bertahun-tahun. Minyak alami kulit akan terkuras dan kulit kehilangan elastisitas.

Halaman
1 2
Reporter: Reza
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler