Cara Mengatasi Othello Syndrome: Rasa Cemburu Buta Berlebihan
Selasa, 20 April 2021 12:04 WIB
Share
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Sindrom Othello adalah gangguan kejiwaan yang terjadi saat seseorang meyakini pasangannya tidak setia, meski tidak ada bukti kuat yang membuktikannya.

Orang yang mengidap sindrom ini akan merasakan cemburu buta dan tidak mampu mengendalikan perasaannya. Sindrom ini termasuk gangguan kejiwaan delusi, karena pengidapnya tidak mampu membedakan mana yang kenyataan dan imajinasi.

Ia hanya meyakini dan bersikap sesuai apa yang ia percaya, meskipun tidak ada bukti apapun yang memperkuat kecurigaannya. Itu sebabnya orang dengan sindrom ini akan meyakini kalau pasangannya selingkuh sehingga ia akan terus cemburu dan berusaha membuktikannya. Caranya bisa beragam, mulai dari menginterogasi, menguji, menguntit, bahkan hingga melakukan pembunuhan (baik kepada pasangannya atau orang yang dianggap mengganggu hubungannya).

BACA JUGA: Othello Syndrome: Rasa Cemburu Buta yang Berlebihan, Berikut Penyebabnya!

Cara mengatasi rasa cemburu buta yang berlebihan

Bila Anda berada di pihak yang dicemburui, maka cobalah untuk berbicara dengan pasangan. Komunikasi dalam sebuah hubungan menjadi kunci penting dalam mengatasi masalah. Tanyakan kepadanya segala sesuatu yang mengganggunya. Lalu, cobalah untuk menghilangkan keraguan yang ada pada dirinya.Sementara, jika Anda merasakan cemburu buta berlebihan yang mengarah pada sindrom Othello, Anda dapat melakukan hal-hal seperti:

  • Mencoba berpikir positif dan mensyukuri hubungan Anda dan pasangan
  • Catat rasa syukur tersebut dalam jurnal
  • Cari kesibukan yang positif untuk mengalihkan pikiran dari rasa cemburu. Anda bisa melakukan hobi seperti berkebun, memasak, atau membuat kue. Atau Anda juga dapat mengikuti komunitas yang memberikan pengaruh baik.

Jika rasa cemburu buta semakin mengganggu, segeralah berkonsultasi dengan ahli seperti psikolog maupun konselor pernikahan. Jangan biarkan rasa tersebut berlarut-larut hingga mengakibatkan hubungan Anda dengan pasangan menjadi tidak bahagia.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Othello Syndrome: Rasa Cemburu Buta Berlebihan

Reporter: Reza
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler