Makanan Bakar Akan Lebih Sehat, Asalkan Ikuti Hal-hal Beikut!
Selasa, 20 April 2021 12:19 WIB
Share
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Beragam kuliner olahan yang dibakar sering kali memang menggugah selera. Makanan yang diolah dengan cara dibakar memang selalu menjadi pilihan favorit bagi para penikmatnya. Seperti ikan bakar, ayam bakar, daging bakar, sosis bakar, ati bakar, usus bakar, bahkan gorengan bakar.

Namun siapa sangka dibalik lezatnya makanan yang diolah dengan cara dibakar, ada beberapa penyakit berbahaya sedang mengintai dan menganjurkan untuk pecinta makanan yang dibakar mengurangi frekuensi mengkonsumsinya, karena dianggap memicu beberapa penyakit

Tetapi dengan mengikuti aturan berikut ini, makanan yang dibakar akan lebih sehat.

BACA JUGA: Resep Makanan Ringan: Cara Membuat Cemilan Potato Wedges Mantap

1. Tidak terlalu lama memanggang
Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa memanggang daging dengan panas tinggi dapat menyebabkan karsinogen heterosiklik amina (HCA) dan polycyclic aromatic hydrocarbon (PAHs). Satu studi pun menemukan orang yang mengonsumsi daging panggang atau makanan bakar lainnya secara teratur 60 persen lebih mungkin terkena kanker pankreas. Selain itu, waktu memasak atau memanggang yang lama juga bisa meningkatkan risiko kanker perut, paru-paru dan payudara.

2. Kecilkan api
Selain waktu, memanggang daging dengan api kecil juga membantu mengurangi karsinogen. Penelitian telah menunjukkan bahwa suhu yang lebih tinggi menyebabkan peningkatan HCA. Karena itu, kecilkan suhu atau apinya ketika memanggang. Sebelum memanggang, Anda bisa memasukkan daging atau ikan yang akan dipanggang ke dalam microwave selama satu hingga dua menit. Cara seperti ini membantu daging atau ikan akan lebih cepat matang ketika dipanggang sehingga tidak butuh waktu lama. Penelitian telah menunjukkan memasukkan daging ke microwave sebelum dimasak juga menurunkan HCA sebesar 90 persen.

BACA JUGA: Resep Seafood: Cara Membuat Udang Bakar Jimbaran Khas Bali

3. Tambahkan sayuran
Anda juga perlu menambahkan sayuran ketika memanggang daging. Sayuran panggang tidak mengandung karsinogen seperti daging panggang. Jadi, tambahan sayuran ini membuat lebih sehat dan mengurangi HCA.

4. Pengasinan atau perendaman
Rendam daging atau ikan menggunakan cuka, lemon, jeruk nipis atau rempah-rempah lainnya sebelum dibakar juga lebih baik. Tapi, gunakan bumbu bebas lemak atau rendah lemak untuk membatasi lemak yang menetes di arang. Tindakan sederhana pengasinan sebelum pemanggangan telah terbukti mengurangi pembentukan HCA sebanyak 92 persen hingga 99 persen.

BACA JUGA: Makanan Bakar Akan Lebih Sehat, Asalkan Ikuti Hal-hal Beikut!

Reporter: Reza
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler