Othello Syndrome: Rasa Cemburu Buta yang Berlebihan, Berikut Penyebabnya!
Selasa, 20 April 2021 11:58 WIB
Share
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Othello Syndrome didefinisikan sebagai waham dari ketidak setiaan pasangan. Waham dari ketidak setiaan disebut juga delusion of infidelity, conjugal paranoia, morbid jealousy, delusional jealousy, sexual jealousy, erotic jealousy syndrome, psychotic jealousy dan pathologic jealousy.

Salah satu ciri sindrom Othello adalah rasa cemburu buta yang sangat berlebihan. Cobalah untuk berdiskusi dengan pasangan untuk menghilangkan rasa cemburu ini.

Cemburu adalah emosi alamiah manusia yang merujuk pada pikiran dan perasaan negatif, misalkan perasaan terancam, takut, dan khawatir kehilangan sesuatu yang disayanginya. Ini bisa terjadi saat seseorang merasa komitmennya dilanggar, kepercayaannya dirusak, dan perilaku lain yang bisa memunculkan rasa cemburu. Uniknya, setiap orang punya cara berbeda untuk menunjukkan rasa cemburu. Tapi apapun pilihannya, cemburu masih dianggap wajar jika kamu mampu menenangkan diri dan mulai membicarakan masalah tersebut tanpa terbutakan emosi.

BACA JUGA: Bahaya! Terlalu Lama Menjomblo Berdampak pada Kesehatan dan Mental

Penyebab sindrom Othello
Ada banyak hal yang bisa saja membuat seseorang memiliki kecenderungan “tidak percaya” dengan pasangannya. Berikut beberapa penyebab sindrom Othello yang sering terjadi:

1. Gangguan kelekatan atau keterikatan
Gangguan ini bisa terjadi karena masalah kelekatan emosi dengan orang lain, seperti kurang empati maupun terlalu terobsesi dan melekat dengan orang lain. Mereka yang sering mengalami kecemburuan biasanya memiliki pengalaman negatif mengenai kelekatan di masa kecil dengan orangtua maupun pengasuh.

2. Mengalami perubahan suasana hati yang cepat

Gangguan kepribadian mental ini akan membuat seseorang merasa bahagia kemudian marah hanya dalam hitungan menit. Ada kalanya, periode kecemasan yang berlebihan hingga depresi muncul tiba-tiba. Perubahan suasana hati ini pun akan membuat perasaan cemburu muncul.

BACA JUGA: Dampak Negatif dari Berpura-pura Bahagia Bagi Kesehatan Mental

3. Delusi
Delusi adalah meyakini hal yang tidak nyata. Kecemburuan juga bisa disebabkan oleh delusi yang dipercaya oleh seseorang. Mereka memercayai fakta yang sebenarnya tidak terbukti benar. Delusi dari seseorang ini biasanya muncul akibat pengaruh alkohol yang berlebihan.

Halaman
1 2
Reporter: Reza
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler