Bahaya! Pisang Bisa jadi Racun Jika di Konsumsi dengan 5 Kondisi Ini
Rabu, 21 April 2021 15:04 WIB
Share
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Manfaat pisang untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Buah berkulit kuning ini umum dikonsumsi di Indonesia, baik secara langsung maupun diolah menjadi sajian tertentu.

Pisang merupakan buah bernama latin Musa acuminata, yang kaya akan gizi sehingga manfaatnya bagi kesehatan juga sangat beragam. Secara alami, pisang memiliki rasa yang manis. Sebagian besar karbohidrat dalam pisang mentah terdiri dari pati.

Berbeda halnya ketika pisang sudah matang, pati yang terkandung di dalamnya berubah menjadi gula, yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa.Tapi pernahkah Anda memikirkan tentang kemungkinan efek sampingnya dengan 5 kondisi berikut?

BACA JUGA: Humble Bragging: Sifat Merendah Untuk Meroket, Berikut Penjelasannya!

1. Punya penyakit asma
Konsumsi pisang ternyata kurang disarankan pada penderita asma. Pisang bisa memblokir saluran udara dan menyebabkan masalah pernapasan. Pada penderita asma, pisang bisa menyebabkan peradangan dan menyebabkan alergi. Dengan demikian, pernapasan menjadi lebih sulit.

2. Menderita sembelit
Bagi penderita sembelit, beberapa jenis pisang ternyata bisa memperparah keadaan. Khusus bagi pisang hijau dan pisang belum matang, kondisi sembelit ini bisa bertambah buruk. Pisang tersebut kaya asam tannic yang bisa memengaruhi proses pencernaan. Namun, pisang matang justru disarankan bagi penderita sembelit karena bisa membantu melancarkan buang air besar.

3. Menderita migrain dan masalah saraf
Merasa tengah sering terserang migrain? Sebaiknya memang hindari dahulu konsumsi pisang. Pada pisang terkandung zat yang disebut tyramine yang bertanggung jawab untuk meningkatkan frekuensi serangan migrain dan rasa sakit. Selain itu seseorang yang memiliki riwayat penyakit saraf juga sebaiknya menghindari buah ini.

BACA JUGA: Kamu Wajib Tahu! Fakta Dibalik Rasa Takut

4. Memiliki masalah gigi
Penelitian ahli mengungkapkan bahwa pisang lebih bisa merusak gigi daripada cokelat atau bahkan permen. Pisang kaya akan pati yang akhirnya menyebabkan kerusakan gigi. Khususnya bila tidak merawat dengan benar, seseorang yang sudah memiliki riwayat penyakit gigi dan gusi bisa menjadi lebih parah karena konsumsi pisang.

Halaman
1 2
Reporter: Reza
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler