Dubes RI untuk Uzbekistan Serahkan Set Angklung kepada SamSIFL Samarkand
Rabu, 21 April 2021 14:20 WIB
Share
Dubes RI untuk Uzbekistan merangkap Kyrgyzstan, Sunaryo Kartadinata (tengah pakai batik), Rektor SamSIFL, Mr. Ilkhomjon Tukhtasinov, berfoto bersama para mahasiswa dan staf KBRI Tashkent. (Ist)

POSKOTAJABAR, SAMARKAND.

 Dalam rangka promosi budaya Indonesia dan melestarikan budaya angklung asal Jawa Barat (Jabar), Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tashkent, Uzbekistan menyerahkan satu set angklung kepada Samarkand State Institute of Foreign Languages (SamSIFL) di Samarkand, Uzbekistan. 

Angklung yang berasal dari Saung Udjo Bandung itu, diserahkan langsung oleh Duta Besar (Dubes RI) untuk Uzbekistan merangkap Kyrgyzstan, Sunaryo Kartadinata, Sabtu (17/04/2021).

"Kami mengharapkan dengan adanya angklung, semakin banyak pemuda-pemudi Uzbekistan yang tertarik dengan budaya dan bahasa Indonesia. Sehingga, budaya kita semakin dikenal di Uzbekistan dan Kyrgyzstan," kata Sunaryo Kartadinata dalam rilis dari KBRI Uzbekistan dan yang diterima POSKOTAJABAR, Rabu (21/04/2021).

BACA JUGA: Ucapkan Hari Kartini 21 April, Presiden Jokowi: Habis Gelap Terbitlah Terang

Menurut Dubes Sunaryo Kartadinata, sejalan dengan makin eratnya hubungan antara Indonesia dengan Uzbekistan, pihak Samarkand State Institute of Foreign Languages di Samarkand, Uzbekistan memasukan mata kuliah Bahasa Indonesia.

"Ini sangat membanggakan karena ternyata masyarakat Uzbekistan, khusunya perguruan tinggi, sangat tertarik dengan Indonesia. Sehingga, di institut tersebut mahasiswa Uzbekistan mempelajari Bahasa Indonesia sebagai salah satu mata kuliah," ujar Sunaryo.

Diungkapkan Dubes Sunaryo, pemerintah Indonesia melalui Program BIPA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemndikbud) setiap tahun mengirim guru BIPA ke Uzbekistan.

Sementara itu, Rektor SamSIFL, Mr. Ilkhomjon Tukhtasinov, mengatakan, acara ini merupakan momentum yang besar dalam sejarah kerja sama pendidikan dan budaya Indonesia-Uzbekistan. 

BACA JUGA: Berkah Ramadhan : Bangunkan Sahur, Karang Taruna Cintarasa Tasikmalaya Gunakan APD

Halaman
1 2
Reporter: Setiawan
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler