Mengenal Self Harm: Emosi yang berujung Menyakiti Diri Sendiri
Jumat, 23 April 2021 14:17 WIB
Share
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Self-harm adalah perilaku menyakiti diri sendiri guna melampiaskan emosi yang menumpuk. Ada beberapa penyebab self-harm yang perlu diketahui, mulai dari pelampiasan stres hingga korban trauma masa kecil.

Perilaku menyakiti diri sendiri adalah segala hal yang dapat dilakukan untuk menimbulkan cedera pada diri sendiri. Misalnya, menenggak racun, memukul diri sendiri, memukul dinding atau membenturkan diri sendiri, hingga menyayat tubuh.

Self-harm, umumnya terjadi ketika seseorang merasa tak bisa lagi memahami serta menangani masalah emosinya. Mereka cenderung menammpung semua emosi serta rasa frustasi, tanpa pengelolaan yang baik dan ini sangat berbahaya.

Beberapa tindakan ini misalnya melakukan sayatan/goresan paada tubuh dengan benda taajam, memukul diri sendiri, atau menusuk kulit sendiri. Penyebabnya bisa jadi karena sulit mengekspresikan emosi, tidak bisa mengatasi trauma, tekanan psikologis, dan sebagainya.

Untuk menghadapi hal ini, seseorang perlu merasa bahwa ia tidak sendiri dan ada yang sayang dengan dirinya. Perlu mengetahui bahwa dirinya berharga dan tentu ada yang mencintainya. Segera cari distraksi dan lakukan hal yang membantu mengendalikan stres.

Cobalah untuk menulis, menggambar meski abstrak, dan sebagainya. Karena, jika self-harm dilakukan dan berkelanjutan tentu tidak baik, bahkan berbahaya ya, guys. Konsultasi pada ahli dan bantuan profesional juga tepat dilakukan untuk mengatasinya.

BACA JUGA: Mengenal Self Harm: Emosi yang berujung Menyakiti Diri Sendiri

Reporter: Reza
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler