Kapal Selam KRI Nanggala-402 Ditemukan Tenggelam dan 53 Awaknya Dinyatakan Gugur
Minggu, 25 April 2021 18:23 WIB
Share
Kapal Selam KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam dan 53 awaknya dinyatakan gugur. (Ist)
POSKOTAJABAR, JAKARTA.

Kapal selam TNI AL, KRI Nanggala-402 ditemukan dan dinyatakan tenggelam serta 53 awak di dalamnya dinyatakan gugur. Demikian ditegaskan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada saat konferensi pers Minggu (25/04/2021).

Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan, kepastian itu didapat setelah pihaknya menerima laporan dari Tim SAR atas temuan citra dan serpihan kapal selam secara detail.

"Dengan bukti-bukti autentik  itu, dapat dinyatakan bahwa KRI Naggala-402 telah tenggelam dan seluruh 53 awak di dalamnya telah gugur. Sekali lagi, saya nyatakan seluruh personel telah gugur," tegas Hadi Tjahjanto.

Dikatakan mantan KSAU itu, sejumlah kapal, termasuk KRI Rigel  yang memiliki sonar menemukan sejumlah barang-barang lainnya. Misalnya kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal mk11.

"Dengan bukti itu, bisa dipastikan seluruh awak juga telah gugur," tandas Panglima TNI.

Sementara itu, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, mengatakan, KRI Nanggala berhasil ditemukan setelah KRI Rigel dan MV Swift Rescue Singapura melihat citra kapal selam buatan Jerman tersebut. KRI Nanggala-402 berada di kedalaman 838 meter.

BACA JUGA: Serpihan Narada-402 Ditemukan, Status Pencarian Diubah dari Submiss Menjadi Subsunk

"Berdasarkan sonar dari KRI Rigel dan MV Swift Rescue berhasil melihat citra kapal selam di kedalaman 838 meter," kata Yudo Margono. 

Seperti diketahui, sebuah kapal selam TNI AL, KRI Nanggala-402, hilang kontak saat melakukan latihan di peraiaran Bali. Dalam kapal selam tersebut diketahui terdapat 53 awak yang ikut serta dalam lakukan latihan. (nst)
Reporter: Setiawan
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler