Empat  Tersangka Gasak Dana KMKK Bank bjb Cabang Indramayu 

Jumat, 30 April 2021 19:51 WIB

Share
Satreskrim Polres Indramayu membeberkan kasus korupsi yang melibatkan 4 tersangka pembobol Bank bjb Cabang Indramayu. (foto:Ist.)

4 Tersangka Gasak Dana KMKK Bank bjb Cabang Indramayu Rp. 594.208.474,00

 

POSKOTAJABAR, INDRAMAYU.

Empat orang bersekongkol menggasak  dana Bank Jabar Banten (bjb) Cabang Indramayu  sebesar Rp. 594.208.474,00. Motif yang dilakukan para tersangka dengan mengajukan Kredit Modal Kerja Konstruksi (KMKK) fiktif.

Empat orang tersangka  yang kini diamankan itu adalah;  AR, oknum Bendahara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Indramayu, dua orang oknum kontraktor AZ dan TO serta PK, oknum karyawan Bank bjb Cabang Indramayu yang menjabat  AO Komersial.

 Berkas perkara kasus korupsi Bank bjb Cabang Indramayu itu sudah dilimpahkan Satreskrim Poles Indramayu ke Kejaksaan Negeri Indramayu. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, Pengadilan Negeri Indramayu segera  menyidangkan  kasus korupsi itu.

 Keempat tersangka dijerat Pasal 2 ayat 1 dan atau Pasal 3 UU R.I Nomor 31 Tahun 1999 sebagai mana diubah dalam UU R.I Nomor 20 tahun 2021 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan jo Pasal 55 Ayat (1) KUHP dengan ancaman hukuman paling lama 20 tahun penjara serta denda Rp200 juta hingga Rp1 miliar.

 Terungkap dari hasil pemeriksaan, AR  Bendahara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Indramayu menerbitkan enam SPK (Surat Perintah Kerja) fiktif yang diserahkan kepada dua oknum kontraktor AZ dan TO untuk proses pencairan kredit KMKK di Bank bjb Cabang Indramayu melalui PK.

Tanpa prosedur  sebagaimana diatur dalam SK Direksi PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk nomor 0084/SK/Dir-Kom/2018 tentang Manual BJB Produk KMKK itu,  PK menyetujui pengajuan kredit tersebut  sehingga KMKK cair.

 Kapolres Indramayu AKBP Hafidh S Herlambang melalui Kasat Reskrim AKP Luthfi Olot Gigantara, Kamis (29/04/2021) menjelaskan, perkara korupsi itu terbongkar setelah ada  pengaduan dari kontraktor lain yang mengaku uang simpanan di Bank bjb Cabang Indramayu dari kegiatan proyek yang sedang dikerjakan terdebet tanpa sepengetahuannya.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler