Kenangan Puasa Firman Nugraha:  Bagi Anak-anak Dulu Momen Ramadhan sebagai Hari Bermain
Jumat, 30 April 2021 10:37 WIB
Share
Ketua Paguyuban Camat Kota Bandung Firman Nugraha S.Ip (Foto : Aris)

POSKOTAJABAR, BANDUNG.

 Ramadhan, adalah suasana dimana setiap insan punya kesan khusus, terutama anak-anak. Kesan tersebut saat ini agak berbeda. Karena dulu itu, situasinya normal. Sekarang, sedang Pandemi Covid. Oleh karenanys, edukasinya juga harus menggunakan ilmu parenting. Caranya, di google aja, tinggal browsing.

 Ketua Paguyuban Camat Kota Bandung Firman Nugraha S.Ip mengatakan hal tersebut saat bincang-bincang ringan dengan POSKOTAJABAR di Balai Kota Bandung.

 "Yang kita rasakan dulu, kita begitu bebasnya, senangnya, nikmatnya. Merasakan suasana bahagia, walaupun tengah berpuasa. Dengan berbagai jenis kegiatan, atau permainan," katanya, Jumat (30/04/2021).

Tetapi sekarang, suasana seperti itu tidak bisa dinikmati lagi secara penuh, sebab harus menerapkan protokol kesehatan, agar tidak terpapar virus corona disease 2019 (Covid-19).

 "Suasana yang menyenangkan itu. Abring-abringan (main-main, jalan-jalan, bersenang-senang) sekarang itu menjadi dibatasi. Kali ini, tidak boleh melaksanakan kegiatan-kegiatan kerumunan. Itu yang mungkin perbedaannya," terangnya.

Karena pembatasan-pembatasan itu saat ini masih menjadi hal baru, semua tetap harus diingatkan, orangtua, tokoh masyarakat, pamong harus pandai memberikan penjelasan yang utuh kepada masyarakat tentang Covid-19, terlebih terhadap anak-anak. 

 Menjelaskan protokol kesehatan kepada anak kecil ini yang susah-susah gampang. Pelarangannya, tidak bisa disamakan dengan cara melarang orang dewasa.

 "Jangan hanya bicara melarang, titik. Sehingga mereka tidak bisa memahami itu, dan mungkin akan menyisakan ketidak puasan terhadap pengekangan," jelasnya.

 Menjelaskan kepada anak kecil, menurut Firman Nugraha, ada ilmu parentingnya juga. Penjelasannya, harus yang disesuaikan dengan psikologis anak. 

Halaman
1 2 3
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler