Keutamaan Doa dan Istighfar Saat Sahur 

Jumat, 30 April 2021 19:50 WIB

Share
Dalam puasa islam dianjurkan untuk sahur walau hanya seteguk air

Ramadhan merupakan bulan khusus disediakan Allah Swt kepada kaum muslimin. Bulan Ramadhan banyak keutamaan yang tidak dimiliki bulan lainnya. Allah Swt menyediakan berbagai keutamaan ini kepada orang-orang yang memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan.

Waktu sahur yang tepat bukan tengah malam seperti yang banyak orang lakukan. Waktu sahur yang tepat adalah pukul 3 pagi atau menjelang subuh. Sahur yang dilaksanakan di waktu ini akan membuat tubuh lebih berenergi di keesokan harinya.

Waktu sahur merupakan waktu dikabulkannya doa. Seperti terdapat dalam surah Ali Imran

 “As-sabirina was-sadiqina wal-qanitina wal-munfiqina wal-mustagfirina bil-as-har”

Artinya : “Orang yang sabar, orang yang benar, orang yang taat, orang yang menginfakkan hartanya, dan orang yang memohon ampunan pada waktu sebelum fajar (sahur)” (QS. Ali Imran : 17).

Ayat tersebut juga menjelaskan bahwa mereka adalah orang-orang yang sabar dalam melaksanakan ketaatan dan meninggalkan keburukan serta sabar dalam menghadapi cobaan yang menimpa mereka.Berdoa dan beristigfar memiliki banyak keutamaan diantaranya cepat terkabulnya doa dan diampunkan segala dosa. Seperti terdapat dalam Hadist berikut :

"Doa dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan." (Fath Al-Bari, 3: 32).

Doa Sahur yang Dibaca Rasulullah

Yarhamullahul mutasahhirin.

Artinya:

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler