LSM Lodaya Bidani Lahirnya Tarian Bedog Lubuk 
Jumat, 30 April 2021 20:56 WIB
Share
Tarian Bedog Lubuk yang dipertontotnkan dihadapan undangan lokakarya.(foto:asl)

LSM Lodaya Bidani Lahirnya Tarian Bedog Lubuk

POSKOTAJABAR, KARAWANG.
Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lodaya merilis tarian Bedog Lubuk yang diproduksinya sendiri. Ciptaan tari Bedog Lubuk untuk tujuan pelestrian kesenian dan budaya asli Karawang.

Sebagai organisasi kemasyarakatan yang konsentrasi di bidang seni dan budaya lokal Karawang, kini LSM Lodaya sudah membuktikannya kepada publik Karawang. Bedog (Golok) yang merupakan senjata pusaka Karawang dan tersemat dalan Logo Pemkab Karawang, kini diaktualisasikan dalam bentuk tarian.

Nace Permana, Ketua LSM Lodaya mengatakan, tidak hanya sebagai pelestarian kebudayaan, tarian Bedog Lubuk juga diharapkan menjadi simbol gairah warga Karawang. Lantaran, Tarian Bedog Lubuk sendiri mempunyai filosofi bedog sebagai pusaka Karawang dan membawa semangat perjuangan dan patriotisme.

"Kami hanya mempermudah ekspose Kabupaten Karawang dalam benuk tarian. Lodaya sendiri yang memproduksi tarian tersebut," kata Nace disela-sela Lokakarya Bedog Lubuk di Hotel Swissbelin Karawang, Jumat (30/04/2021).

Diketahui, Tarian Lubuk Bedog sendiri dibawakan oleh enam penari perempuan dengan kombinasi kostum berwarna hijau dan emas dominan. Gerak tarian yang menggunakan golok (bedog) tersebut menyajikan gerakan yang aktraktif penuh dengan semangat.
Sampai saat ini, Tarian Bedog Lubuk yang diproduksi LSM Lodaya ini sudah mulai diperkenalkan ditingkat provinsi Jawa Barat.(asl)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler