Resep Makanan: Cara Membuat Sup Iga Sapi
Sabtu, 1 Mei 2021 12:19 WIB
Share
Foto|Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Sup adalah makanan yang begitu digemari di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh cara pembuatannya yang mudah dan hanya memerlukan bahan-bahan sederhana. Bahkan di pasaran pun sudah banyak yang menjual bumbu jadi, sehingga jika ingin memasak di rumah kamu hanya perlu menyiapkan sayuran dan langsung dimasak dengan bumbu instan.

Makanan ini juga cocok banget buat anak-anak yang terkadang susah makan. Karena rasanya yang gurih dan biasanya disajikan bersama sayuran sehat, sup bisa jadi makanan yang pas buat anak di rumah. Apalagi disajikan saat masih hangat bersama nasi putih, dijamin nafsu makan jadi meningkat.

Sup dapat diolah dari bahan dasar berbagai daging, mulai dari daging ayam, kambing, ikan, sapi, bahkan telur. Sup daging sapi jadi salah satu menu yang cocok disantap saat sahur. Selain kuahnya yang menambah kenikmatan, kandungan protein dalam daging juga bagus untuk tubuh.

Cara Membuat Sup Iga Sapi

Bahan:
- 500 gr iga sapi
- 5 siung bawang putih, haluskan
- 2 butir kemiri
- 4 cm jahe, geprek
- 4 cm lengkuas, geprek
- 3 butir kapulaga
- 5 butir cengkeh
- 2 buah pala, hancurkan
- 2 batang kayu manis
- 1 sdt merica bubuk
- Garam secukupnya
- 1 bawang bombay, iris tipis
- Wortel, iris bulat tebal
- Kentang, potong dadu
- 2 batang daun bawang, iris
- 4 batang seledri dan daun, iris
- Bawang goreng secukupnya, untuk taburan

Cara membuat:
1. Cuci bersih daging iga yang sudah dipotong-potong. Rebus dengan air 10 menit lalu buang air rebusan pertama dan ganti dengan air baru. Masak sampai setengah empuk, tambahkan air jika perlu dan buang kotoran-kotoran buihnya.
2. Haluskan bawang putih, kemiri, pala, dan lada hingga halus. Tumis bawang bombay lalu masukan bumbu yang sudah dihalus, tumis hingga harum, kemudian masukkan ke rebusan daging. Tambahkan lengkuas, jahe, kayu manis, cengkeh, dan kapulaga. Rebus semua bahan sampai empuk.
3. Masukkan wortel dan kentang, rebus hingga matang.
4. Tambahkan daun bawang dan seledri, terakhir taburi bawang goreng. Matikan api, sajikan selagi hangat.

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler