Dinilai Banyak Korupsi, Mahfud MD: Kinerja Pemerintah Sudah Memiliki Kemajuan
Minggu, 2 Mei 2021 16:32 WIB
Share
Menko Polhukam Mahfud MD mengklaim bahwa kinerja pemerintah kini sudah memiliki kemajuan, meski banyak korupsi. (kominfo)

JAKARTA, POSKOTAJABAR.CO.ID – 

Meskipun masih banyak yang menilai banyak korupsi, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, mengklaim bahwa kinerja pemerintah kini sudah memiliki kemajuan.

Ia mengatakan, bahwa tingkat kemiskinan sejak era Presiden Soekarno sudah terus ditekan. Awalnya, tingkat kemiskinan tercatat ada di angka 11,9 persen pada akhir era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sementara, di periode pertama Presiden Jokowi angka kemiskinan bisa ditekan hingga 9,1 persen dan di periode kedua tingkat kemiskinan kembali naik ke 9,7 akibat pandemi Covid-19.

"Artinya ada kemajuan meski banyak korupsinya. Indonesia ini kaya raya,” ucap Mahfud MD, Sabtu (01/05/2021).

“Meski jika dikelola secara koruptif, itu manfaatnya tetap banyak oleh rakyat. Apalagi, jika dikelolanya nanti secara bersih dari korupsi," ujarnya.

Menurut Mahfud, kasus korupsi tergantung pada baik buruknya hukum dan juga demokrasinya. "Konfigurasi politik demokratis tampil, hukum akan menjadi responsif. Tapi konfigurasi politik tampil secara otortier dan hegemonik, maka hukum akan tampil sangat-sangat konservatif," tuturnya. (Poskota/nst)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler