Umat Muslim Tasikmalaya Persiapkan Diri Menyambut Lailatul Qadar

Minggu, 2 Mei 2021 20:43 WIB

Share
Nampak Umat Muslim di Tasikmalaya tengah khusu membaca Alquran untuk menyambut Lailatul Qadar. (Foto:kris)

TASIKMALAYA, POSKOTAJABAR.CO.ID

Umat Muslim khususnya di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, nampak semakin berlomba-lomba untuk mendapat kemuliaan dari Allah SWT untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar, pada 10 hari terakhir di bulan suci Ramadhan.

Demikian diungkapkan Paur subbag Humas Polresta Tasikmalaya Ipda Jajang Kurniawan, Minggu (02/50/2021) malam

Menurutnya, dalam puasa Ramadhan 2021 dan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya diyakini memiliki keutamaan yang cukup dahsyat di 10 hari terakhir bulan Ramadhan, "Allah SWT menjanjikan satu malam spesial yang disebut dengan malam Lailatul Qadar," katanya

Kata dia,  Lailatul Qadar disebut juga sebagai malam seribu bulan atau malam yang penuh dengan kemuliaan, maka kebaikan pahala yang diberikan kepada orang umat Muslim yang beribadah di waktu Lailatul Qadar itu lebih baik dibanding seribu bulan atau kurang lebih 84 tahun.

Oleh karena itu, Rasullalah SAW mengajarkan umat Muslim untuk melakukan i'tikaf di 10 hari terakhir Ramadhan dan diminta untuk menjauhi segala godaan dan larangan yang telah ditetapkan Allah SWT untuk mendapatkan Lailatul Qadar tersebut.

Sebagaimana diketahui, adanya Lailatur Qadar di 10 hari terakhir memang telah dijelaskan di dalam beberapa hadis Nabi Muhammad SAW.

Hanya saja, tanda-tanda yang diberikan tidak begitu detail mengenai malam berapa Lailatul Qadar tersebut, tetapi, berbagai riwayat menjelaskan ada tanda-tanda alami untuk mengetahui datangnya Lailatul Qadar di 10 hari terakhir itu.

Di antaranya yakni, saat Lailatul Qadar turun, pagi hari dan malam hari cuaca tampak begitu tenang, udara terasa begitu segar dan matahari bersinar cukup cerah namun tidak memiliki panas yang menyengat.

"Dengan demikian, kita harus lebih giat beribadah di 10 hari terakhir terutama di malam-malam ganjil, dengan memperbanyak iktikaf, berzikir, dan istigfar dan hal tersebut disampaikan dalam kitab Al-Quran surat Al Qadr (97) ayat 1-5 yang berbunyi

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler