Covid-19 Varian Baru B1617 Masuk Dari India, Satgas Minta Masyarakat untuk Tidak Panik

Rabu, 5 Mei 2021 13:20 WIB

Share
Ilustrasi Covid-19. (covid-19.go.id)
Ilustrasi Covid-19. (covid-19.go.id)

KARAWANG, POSKOTAJABAR.CO.ID

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 minta masyarakat tidak perlu panik masuknya varian B1617 dari India ke Indonesia .      

"Kami meminta masyarakat adalah mematuhi protokol kesehatan sebagai bentuk perlindungan diri dari penularan Covid-19," terang Juru Bicara Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam keterangannya dari Graha BNPB Jakarta, Selasa (4/5/2021) WIB yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden.

Wiku menjelaskan Pemerintah juga telah mengantisipasi masuknya TKI dari luar negeri. Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, maka Pangdam dan Kapolda di daerah diminta mengintegrasikan seluruh instansi pusat yang terlibat dalam kepulangan TKI.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan kontrol terhadap TKI yang pulang ke Tanah Air dan mengetatkan mekanisme skrining dan karantina.

Untuk perkembangannya, berdasarkan hasil whole genome sequencing (WGS) per 3 Mei 2021 yang bersumber dari bank data GISAID, ada 13 virus dengan varian B117 asal Inggris ditemukan dan 2 virus dengan varian B1617 asal India serta varian B1351 asal Afrika Selatan.

Wiku menerangkan untuk varian B117 ditemukan di Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara, Bali, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara.

Sementara pada varian B1617 ditemukan di Jakarta, dan 1 virus dengan varian B1351 di Bali.

"Kementerian Kesehatan telah menginformasikan bahwa WNA yang terinfeksi COVID-19 varian Afrika Selatan telah meninggal dunia," Wiku. (Johara)

Reporter: Dikki Wahyu Afandi
Editor: Dikki Wahyu Afandi
Contributor: Johara
Sumber: POSKOTA
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler