Ribuan Pengunjung Serbu Beberapa Objek Wisata di Pangandaran, Petugas Penyekatan Lakukan Ini 

Sabtu, 15 Mei 2021 17:28 WIB

Share
Petugas gabungan saat melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan wisatawan yang mau masuk pantai pangandaran di Posko Penyekatan Wisata di Bundaran Emplak (foto: humas polres)

PANGANDARAN,POSKOTAJABAR.CO.ID

Ribuan pengunjung menyerbu beberapa lokasi objek wisata di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Objek wisata yang di padati ribuan wisatawan diantaranya, Pantai Karapyak, Pangandaran, Batuhiu dan Pantai Batukaras dan Grenn Canyon. Membludaknya ribuan pengujung membuat petugas gabungan penyekatan wisata melakukan sistem buka tutup jalur utama menuju Pantai tepatnya di kawasan Bundaran Emplak, Karapyak, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada Sabtu (15/05/2021).

Penyekatan ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Kalipucang, Kompol Jumaeli dan melibatkan 39 personel gabungan. Mereka yang terlibat diantaranya Polres Ciamis Polda Jabar, Kodim 0613/Ciamis, Satpol PP, Dishub Pangandaran, Satgas Covid-19 tingkat Kecamatan Kalipucang, Pegawai Desa, dan Pegawai Kecamatan Kalipucang.

Kapolsek Kalipucang, Kompol Jumaeli mengatakan, penyekatan ini dilakukan pengecekan pengendara dari luar Kabupaten Pangandaran yang hendak berlibur di kawasan Pantai Pangandaran. Pemeriksaan yang dilakukan berupa surat-surat kendaraan dan terpenting surat bebas Covid-19 yang dibuktikan dari hasil rapid antigen,  maupun PCR.

"Mereka yang tidak bisa menunjukan hasil bebas Covid-19, kita akan putarbalikan. Namun Pemkab Pangandaran juga menyediakan rapid test antigen apabila mereka hendak ingin masuk ke kawasan objek wisata Pantai Pangandaran," ujarnya kepada wartawan dilokasi penyekatan.

Jumaeli menambahkan, pihaknya akan melakukan pembatasan terhadap jumlah pengunjung di Pantai Pangandaran dan pihaknya juga selalu melakukan koordinasi dengan anggota yang bertugas di Pos Terpadu Pangandaran terkait jumlah kunjungan wisatawan.

"Ketika situasi Pantai Pangandaran dan sekitarnya sudah mulai padat pengunjung, arus lalu lintas akan kita lakukan penyekatan, dengan memutar balikan kendaraan yang akan melintasi di Bundaran Emplak. Ini kami lakukan agar tidak timbulnya kerumunan yang dapat menimbulkan penyebaran virus Corona," sebutnya.

Pelaksanaan penyekatan ini, Polres Ciamis, Kodim 0613/Ciamis dan Pemerintah Kabupaten Pangandaran lebih mengedepankan sisi humanis. Sehingga tidak menimbulkan gangguan kamtibmas lantaran ketidakterimaan pengunjung yang hendak diputarbalikan. "Selama kegiatan sampai dengan pukul 13.00 WIB situasi dan kondisi berlansung aman, damai, dan kondusif," imbuhnya. (dry)

 

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler