Pemkot Cirebon Adakan Rapid Antigen untuk Warga yang Baru Melakukan Mudik Lebaran

Selasa, 18 Mei 2021 06:19 WIB

Share
Perugas saat melakukan rapid tes antigen kepada pemudik yang akan kemballi ke tempat asal. (foto:Ejub)

CIREBON, POSKOTAJABAR.CO.ID

Faktor kesehatan menjadi hal yang sangat penting pada masa pandemi Covid-19  sekarang ini. Tak jarang akibat abai terhadap protokol kesehatan seseorang yang terindikasi penyakit menular akan diasingkan.

Fenomena inilah yang kini terjadi dalam lingkup kehiduoan sosial kemasyarakatan di tengah maraknya wabah Corona yang sulit diprediksi kapan bakal berakhir.
Salah satu penularan penyakit Corona muncul akibat kerumunan massa yang terbentuk melalui kegiatan  mudik Lebaran.

Untuk menyekat penyebaran penyakit tersebut pemerintah telah mengambil langkah tegas dengan melakukan tes antigen bagi masyarakat yang akan mekakukan perjalanan ke kota asal usai melakukan mudik Lebaran di kampung halaman.

Untuk menjawab persoalantersebut Pemkot Cirebon bersama Polres Cirebon menyediakan fasilitas tes rapid antigen gratis di posko penyekatan guna memastikan warga yang kembali ke tempat tujuan setelah mudik Lebaran dalam keadaan sehat atau malah sebaliknya.

Menurut Walikota Cirebon Drs Nasrudin Azis,  kegiatan tes antiigen tersebut sebagai langkah pemerintah melakukan pengawasan maksimal sekaligus menjaga masyarakat setelah melakukan mudik Lebaran dalam keadaan sehat atau negatif Covid-19.

Untuk menyekat penyebaran virus tersebut di setiap perbatasan Kota Cirebon,  bekerja sama dengan Polri TNI benar benar melakukan pengecekan apakah pemudik dalam kondisi sehat atau ada gejala gejala.mengarah ke.positif Covid-19.

"Pemudik yang lolos dalam perjalanan pulang pada saat ingin kembali ke tempat semula dipastikan dalam kondisi sehat dengan tes antigen langsung di Posko yang ada,"kata Azis.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Cirebon Kota AKP La Ode Habibi Ade Jama Sik mengatakan, penyekatan dilakukan di Pos Kalijaga.

Puncak arus balik terjadi pada H+5 pasca Lebaran. "Pada hari Senin masyarakat sudah kembali melakukan aktifitas,' kata Kasat  Lantas.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler