Tujuh Pemudik Dinyatakan Reaktif Harus Jalani Tes Usap PCR di Cirebon

Kamis, 20 Mei 2021 10:28 WIB

Share
Kapolresta Cirebon Kombes Pol Syahduddi dan Bupati Cirebon Drs Imron Rosadi saat meninjau pos penyekatan di Pos Rawagatel. (ffoto:Ist)

SUMBER. POSKOTAJABAR.CO.ID

Sedikitnya 1.293 pemudik  telah melakukan tes antigen  dan  tujuh di.antaranya dinyatakan reaktif, mereka dilarang melakukan perjalanan menuju kota tujuan pasca Lebaran tahun ini.

"Mereka yang dinyatakan reaktif  tersebut ditindaklanjuti dengan tindakan tes usap PCR untuk mengetahui apakah mereka  positif Covid-19 atau tidak,"kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol M. Syahduddi saat mekakukan monitoring kegiatan penyekatan di Pos Rawagatel Susukan, Rabu (19/05/2021).

Kegiatan yang dimulai dari tanggal 18 hingga 24 Mei 2021 ini, bakal terus ditingkattkan menyusul pantauan anggota pada hari raya Idul Fitri 1442 H kendaraan yang melintas Kabupaten  Cirebon pada jam jam tertenru cukup padat.

Penyekatan ini, lanjut Kapolresta,  sebagai antisipasi   lonjakan arus balik dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta. Tetapi, setelah hari raya belum ada keseimbangan arus baliknya.

Atas dasar itulah, lanjut Kapolresta Cirebon, pihanya memperpanjang pengaktipan pos penyekatan , pos pemgamanan dan pos pelayanan di Wilayah Hukum Polresta Cirebon.

Para pemudik yang akan memuju Jakarta dan dinyatakan bebas C0vid -19 bisa melanjutkan perjalanan. Tanpa kecuali, petugas yang melakukan tes antigen secara rendom sampling untuk memastikan masyarakat yang bergerak ke arah Jawa Temgah ke Jakarta ,  non reaktif Covid -19.

Nanti setelah mereka sampai ke Indramayu, Subang, Purwakarta, dan Karawang ada kegiatan penyekatan yang sama. Nantinya setelah mereka sampai ke Jakarta dinyatakan steril  dan non reaktif Covid.-19.
Sementara Bupati Cirebon memgatakan, petugas gabungan yang terbentuk tetap melakukan penyekatan dan pemeriksaan kepada para pemudik yang akan kembali ke Jakarta.
Tanpa kecuali, lanjut Imron, penyekatan itu juga untuk memastikan para pemudik sudah terbebas dari Covid -19 dengan cara melakukan tes antigen di pos pos yang tersedia. (herlan)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler