Camat Pasirwangi Luncurkan One Touch Service, Pelayanan di Dunia Digital 

Jumat, 21 Mei 2021 17:32 WIB

Share
Camat Pasirwangi, Saepul Hidayat, mendapatkan penghargaan dari Bupati Garut, Rudy Gunawan, dalam pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kabupaten Garut. (foto:ist)

GARUT, POSKOTAJABAR.CO.ID

Digitalisasi menjadi kunci guna menyongsong perkembangan zaman yang terus berkembang pesat seiring berjalannya waktu. Bahkan, akibat pandemi Covid-19 ini, setiap tindak tanduk yang ada di tengah-tengah masyarakat harus bertransformasi ke dunia digital, guna menekan penyebaran virus Corona.

Para pemangku kebijakan terus berinovasi di masa pandemi  Covid-19 agar pelayanan kepada masyarakat tetap prima, salah satunya dilakukan oleh Camat Pasirwang Kabupaten Garut, Saepul Hidayat, yang meluncurkan sebuah inovasi bernama One Touch Service, untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat di wilayahnya.

Menurut Saepul Hidayat, One Touch Service merupakan pelayanan informasi digital yang memanfaatkan aplikasi pesan singkat melalui WhatsApp, kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Pasirwangi dan bisa langsung menanyakan atau mengetahui informasi yang dibutuhkan. 

"Hari ini kita launching pelayanan dalam bentuk One Touch Service yaitu pelayanan informasi digital hanya melalui WhatsApp saja.  Jadi seluruh masyarakat Pasirwangi dapat menanyakan informasi-informasi terkait dengan pelayanan, persyaratan pelayanan, dan data lain-lainnya hanya dengan melalui WhatsApp saja," ujar Camat Pasirwangi Saepul, Jumat (21/05/2021).

Dalam One Touch Service ini, masyarakat yang ingin memanfaatkan program bisa menyimpan nomor yang digunakan untuk One Touch Service, kemudian masyarakat bisa langsung mengirim pesan singkat kebutuhan apa yang dibutuhkan, setelah itu maka otomatis akan ada jawaban dari One Touch Service.

Layanan yang bisa diakses dalam One Touch Service ini antara lain, pelayanan terkait KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Surat Keterangan Tidak Mampu, Pindah Antar Kabupaten, Pindah Antar Kecamatan, Izin Gangguan, Izin Keramaian, Rekap PKH, Informasi Calon Kepala Desa, Pendaftaran Online Puskesmas Padaawas, Pengaduan Puskesmas Padaawas, Pengaduan Puskesmas Gadog, 
Layanan Kependudukan Disdukcapil, Data Covid-19, dan Tagihan PLN. 
 
Saepul mengungkapkan, ada satu inovasinya yakni Analisis Standar Belanja (ASB) yang telah menginspirasi daerah lain.

"Inovasi saya sudah menginspirasi beberapa kabupaten dan provinsi (lain) untuk menyusun ASB," ungkapnya.

Ia menyebutkan sudah ada beberapa instansi yang dia diundang untuk menjadi Tenaga Ahli ASB, mulai menjadi Tenaga ahli di Pemerintah Provinsi dan juga Pemerintah Daerah.

Berikut beberapa daerah yang sudah kami undang  untuk menjadi Tenaga Ahli diantaranya

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler