Delapan Kali Pemkot Cimahi Raih Opini WTP Berkat Kerja Keras ASN

Jumat, 21 Mei 2021 21:13 WIB

Share
Plt Walikota Cimahi Ngatiyana, dan jajaran pejabat pemkot Cimahi bersyukur dan bangga Cimahi mendapatkan WTP untuk kedelapan kalinya. (foto:Bagdja).

CIMAHI, POSKOTAJABAR.CO.ID. 
Pemerintahan Kota Cimahi  untuk kedelapan kalainya  mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. 

Dengan raihan tersebut, Pemkot Cimahi tercatat sebagai peraih WTP kedelapan kalinya secara berturut-turut, karena hal itu berdasarkan dari Laporan Keuangan Pemerintah Kota Cimahi yang mendapat opini WTP dari BPK yaitu sejak Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2013 sampai dengan TA 2020. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Barat, Agus Khotib, S.E, M.Si, Ak, CA, CSFA, CPA (Aust.) pada saat kegiatan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Kota Cimahi Tahun Anggaran 2020, di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Jl. Mohamad Toha, Kota Bandung, pada Jumát (21/05/2021).

"Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK, termasuk implementasi atas rencana aksi yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Cimahi, maka BPK memberikan opini atas LKPD Pemerintah Kota Cimahi TA 2020 dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)," jelas Agus Khotib.

Pelaksana Tugas (Plt.) Walikota Cimahi Ngatiyana yang hadir pada kegiatan tersebut dan didampingi oleh Ketua DPRD Kota Cimahi Achmad Zulkarnain, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Cimahi, Tata Wikanta, Inspektorat Kota Cimahi Ipung Mustofa, dan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Chanifah Listyarini  menyambut gembira atas diraihnya kembali opini WTP dari BPK.

“Alhamdulillah kita patut bersyukur kepada Allah SWT. LKPD Pemerintah Kota Cimahi kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP dari BPK-RI. Ini semua bukan saya yang bekerja tetapi yang bekerja adalah segenap SKPD ataupun OPD dan staff-staff saya. Terima kasih kepada ASN-ASN saya yang telah bekerja dengan baik walaupun seperti apapun yang terjadi tetapi mereka tetap konsisten dalam melaksanakan tugas didalam mengelola keuangan daerah, sehingga dinyatakan WTP yang kedelapan kalinya untuk Pemerintah Kota Cimahi dapat diraihnya kembali," ujar Ngatiyana.
       
Dikatakan oleh Ngatiyana kembali, bahwa dengan pencapaian ini, Pemkot Cimahi berkomitmen untuk meningkatkan kinerjanya selaku penyelenggara pemerintahan di daerah dalam mengelola keuangan negara. 

Ia merasa bersyukur karena selama ini Kota Cimahi sendiri dianggap telah mampu menyajikan laporan keuangan dengan baik dan berhasil menerima predikat opini WTP selama delapan kali berturut-turut untuk laporan keuangan dari tahun anggaran 2013 hingga 2020.

"Tentunya predikat ini merupakan amanah yang wajib kita syukuri dan harus selalu dijaga sehingga kami berkomitmen untuk mempertahankannya agar jangan sampai menurun. Kami akan terus dorong kepada para ASN untuk tetap berfokus untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam pengelolaan keuangan daerah untuk kepentingan masyarakat semua," terang Ngatiyana.  

Ngatiyana-pun mengakui, bahwa BPK-RI masih menemukan beberapa permasalahan meskipun hal tersebut tidak mempengaruhi kewajaran atas penyajian LKPD Kota Cimahi TA 2020 lalu. 

Sehubungan dengan catatan-catatan yang diberikan oleh BPK-RI ini, pihaknya mengaku akan terus berupaya memperbaiki penyajian laporan keuangan Pemkot Cimahi agar sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh BPK-RI, sehingga setiap kegiatan penyelenggaraan pemerintah daerah dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.  (Bagdja)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler