Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi Buta Gerakan Gema Bugar Konser

Sabtu, 22 Mei 2021 19:27 WIB

Share
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi (Baju Hitam) Lilik Setianingsih didampingi Sekretarisnya Dyah Ajuni Lukitosari. (foto:Bagdja)
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi (Baju Hitam) Lilik Setianingsih didampingi Sekretarisnya Dyah Ajuni Lukitosari. (foto:Bagdja)

CIMAHI, POSKOTAJABAR.CO.ID

jumlah Ruang Terbuka Hijau (RTH ) di Kota Cimahi baru sekitar 11,15 persen dari total luas wilayah yang hanya sekitar 40 kilometer persegi lebih. Sementara itu aturan mengharuskan 30 persen.

Berangkat dari kondisi tersebut, Pemkot Cimahi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi membuat gerakan Gema Bugar Konser' yang artinya gemar mengkonsumsi buah segar untuk konservasi.

Gerakan tersebut dipertegas dengan Surat Instruksi Walikota Nomor Tahun 2021,  dimana semua pegawai Pemkot Cimahi termasuk para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di intruksikan untuk mengkonsumsi buah-buahan.

Bukan hanya dikonsumsi, sisa biji-biji buah segar tersebut kemudian dikumpulkan di Pemkot Cimahi.

"Kegiatannya sudah dilaksanakan akhir bulan puasa,  pegawai sudah mengumpulkan biji-biji buah-buahan segar," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, Lilik Setyaningsih, Jumat (21/05/2021).

Para pegawai khususnya PNS diintruksikan untuk mengumpulkan biji-biji buah segar hasil konsumsi seperti alpukat, sawo, mangga hingga nangka dan lain-lain yang dikumpulkan di dalam tong sampah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masing-masing. Hasilnya, terkumpul 752 biji buah-buahan dari berbagai SKPD. 

Menurut Lilik,  jumlah biji-biji buah yang terkumpul itu masih jauh dari yang diharapkan, sehingga rencananya pihak DLH akan kembali mengintruksikan hal serupa ke depannya.

"Kemungkinan kita akan lakukan hal serupa supaya biji buah-buahan yang terkumpul semakin banyak," ujar Lilik.

Semua biji-biji buah segar yang terkumpul itu kemudian dipilah oleh petugas DLH Kota Cimahi, yang kemudian akan disemaikan di Posko Bibit. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler