Cara Membuat Onigiri Tuna Mayo Enak dan Sederhana

Selasa, 25 Mei 2021 14:44 WIB

Share
Illustrasi Onigiri Tuna Mayo (foto Unplash)

BANDUNG, POSKOTAJABAR.CO.ID
Onigiri adalah makanan khas Jepang berupa nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat. Umumnya Onigiri berbentuk segitiga dan dibungkus dengan selembar nori atau rumput laut. Nori digunakan untuk membungkus agar lebih mudah dimakan tanpa ada nasi yang menempel di tangan.

Cara membuat onigiri yang enak sangat sederhana. Makanan ini mudah ditemukan dimana-mana.  Onigiri merupakan jajanan yang biasa dijual di toko kelontong.

 

Onigiri memiliki nama lain Omusubi, istilah yang kabarnya dulu digunakan kalangan wanita di istana kaisar untuk menyebut onigiri. Dalam bahasa Kore, makanan sejenis ini disebut “Jumeok bap” atau “nasi kepal” dalam bahasa Korea. Onigiri dimakan dengan tangan, tidak memakai sumpit.

Biasanya, untuk menambah cita rasa, onigiri diisi dengan tuna, ayam daging dan lain-lain. Nah, kali ini Poskota Jabar punya resep Onigiri yang berbeda. Yup, itu adalah Onigiri Tuna Mayo yang sederhana dibuat dan rasanya pasti enak.

Mayo merupakan singkatan dari Mayonaise. Saus berwarna putih creamy ini dibuat dari kuning telur dan minyak olive yang dikocok hingga creamy. Dibubuhi air jeruk, merica dan garam. Olahan saus ini sudah populer dijual dalam bentuk siap pakai dalam kemasan botol dan dijual diberbagai pasar dan toko swalayan.

 

Idenya isian onigiri ini berupa tumisan tuna dan mayonaise. Berikut ini cara membuatnya :

Bahan-bahan yang diperlukan

  1. Nasi yang baru matang atau nasi pulen secukupnya
  2. 1 lembar nori persegi panjang yang telah potong-potong
  3. 1 kaleng ikan tuna
  4. 2 siung bawang putih, haluskan atau cincang sampai halus
  5. 4 buah cabai rawit yang telah diiris dengan tipis
  6. Mayonaise
  7. kecap manis secukupnya
  8. garam, gula dan merica bubuk secukupnya

 

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler