Efektifitas Penutupan Objek Wisata dan Pelaksanaan PPKM di Karawang Dipertanyakan

Selasa, 25 Mei 2021 20:02 WIB

Share
Rapat Evaluasi Pemkab Karawang dan Satgas Covid-19 yang mencetuskan komitmen tetap memperketat prokes dan memperpanjang PPKM. )foto:Ist)

 

KARAWANG, POSKOTAJABAR, CO.ID

Libur setelah lebaran beberapa minggu lalu menjadi momentum untuk menekan kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Karawang. Kendati menuai pro dan kontra, Pemkab Karawang tetap saklek untuk menutup tepat wisata dan memperpanjang PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) sampai 31 Mei 2021.

Sebelum diberlakukan penutupan, Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana memastikan para pengunjung tempat wisata di Kabupaten Karawang saat libur lebaran adalah masyarakat lokal Karawang. Hal itu diungkapkanya usai meninjau tempat wisata di Kantor Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Sabtu (15/05/2021) siang bersama unsur Forkopimda Karawang.

"Kalau kedapatan ada orang luar Karawang, petugas langsung menginstruksikan putar balik. Kalau ada plat nomor luar Karawang, tetap bisa masuk asal KTP nya adalah Karawang. Semua sudah melalui pemeriksaan oleh petugas di kecamatan," ungkap Bupati.

Bupati Cellica menegaskan para pengunjung lokasi wisata juga harus melalui pengecekan acak untuk menjalani tes Covid-19. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi timbulnya klaster baru, yakni klaster libur lebaran.

Kata Bupati, di setiap destinasi wisata harus melaksanakan kebijakan PPKM berskala mikro selain penerapan 5 M juga penghitungan kapasitas pengunjung 50 persen.

"Jika kedapatan salah satu lokasi wisata membludak, maka saya sudah instruksikan kepada satgas tingkat kecamatan untuk mengurai kepadatan pengunjung," kata Bupati.

Sementara itu Camat Tegalwaru, Mahfudin mengungkapkan sebanyak 7 lokasi wisata di daerahnya beroperasi saat libur lebaran.

"Ketujuh lokasi wisata tersebut yaitu Puncak Sempur, Cibonteng, Empang Sari, Kampung Turis, Cipaga, Curug Cigentis, Curug Bandung," ucap Mahfudin.

Halaman
1 2 3
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler