Fenomena Alam akan Terjadi Malam ini Pukul 18.11WIB, Warga Tasikmalaya Melaksanakan Takbir

Rabu, 26 Mei 2021 17:18 WIB

Share
Malam nanti sekitar pukul 18.11 WIB akan terjadi Fenomena Alam atau Gerhana Bulan Total. (foto:ist)

Fenomena Alam akan Terjadi Malam ini Pukul 18.11WIB, Warga Tasikmalaya Melaksanakan Takbir

TASIKMALAYA, POSKOTAJABAR.CO.ID

Fenomena alam langka yang hanya muncul 200 tahun sekali atau tepatnya 195 tahun bakal terjadi Rabu (26/05/2021) malam ini. Ya, jika cuaca mendukung dan tidak ada pergerakan awan, mulai sore hingga malam nanti di sebagian besar wilayah Indonesia bisa melihat fenomena Gerhana Bulan Total (GBT). 

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Mukhsinin Tasikmalaya,  Ihin Nasihin mengatakan, fenomena alam ini sebagai ikhtiar memperbaiki kualitas ibadah, baik yang menyangkut hubungan manusia dengan Allah SWT maupun hubungan manusia dengan lingkungannya.

Menurutnya,  keutamaan fenomena Gerhana Bulan ini bagaimana manusia mensyukuri atas kekuasaan Allah dengan segala ciptaan dan ketentuan-Nya,

"Ibadah itu disertai dengan taubat dan merenungi kebesaran Allah SWT. Karena sudah selayaknya manusia sebagai hamba Allah dengan mendekatkan diri dengan beribadah," ujarnya, Rabu (26/05/2021)

Kata dia, Gerhana Bulan dikenal sebagai Super Blood Moon yang muncul hanya sekali dalam dua abad ini tentu harus melakukan takbir 

Hal itu pula yang diingatkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) agar masyarakat yang memiliki waktu untuk bisa melakukan Takbir dan shalat gerhana pasalnya, fenomena GBT ini hanya terjadi setiap 195 tahun sekali.

Fenomena alam tersebut bakal berlangsung mulai sore ini pukul 17.00 WIB. Ini merupakan salah satu peristiwa terhalanginya sinar matahari oleh Planet Bumi yang menyebabkan tidak semua cahaya sampai ke bulan. 

Gerhana Bulan Total terjadi ketika posisi matahari-Bumi-bulan sejajar. Gerhana bulan total atau fenomena alam Super-Blood Moon kali ini bertepatan dengan Hari Raya Waisak Tahun 2565.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler