Dinas Kesehatan Terus Kejar Target Vaksinasi Lansia di Kabupaten Karawang

Kamis, 27 Mei 2021 14:10 WIB

Share
Kepala Dinkes, Nanik Djojana saat evaluasi dengan Tim Satgas Covid-19 Karawang.

KARAWANG, POSKOTAJABAR.CO.ID

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang menargetkan sebanyak 217.835 Lansia sudah divaksinasi pada tahun ini. Untuk memberikan kemudahan kepada para lansia Pemkab Karawang melibatkan jasa ojek online melakukan penjemputan.

"Kita sediakan jasa penjemputan ojek online juga tidak berhasil. Mereka masih khawatir divaksin, padahal sudah kita jelaskan jika vaksin aman untuk mereka," kata Kepala Dinas Kesehatan Karawang, Nanik Djojana, Kamis (27/05/2021).

Namun, program vaksinasi lansia melalui ojek online di Karawang masih belum efektif menjangkau para lansia. Lantaran, dari 217.835 lansia hanya 16 persen saja yang bersedia divaksin. Kebanyakan para lansia masih takut, sehingga menolak divaksin meski dijemput ojek online.

" Capaian vaksinasi untuk lansia masih sangat rendah baru 16 persen. Padahal kami sudah menyiapkan penjemputan melalui ojek online untuk para lansia, namun tidak berjalan sesuai harapan. Kebanyakan para lansia masih takut, jadi sepertinya kami harus memikirkan cara lain," kata Nanik.

Dia mengatakan, Dinkes Karawang saat ini tengah mencari cara agar capaian vaksinasi lansia bisa meningkat. Salah satu caranya mendorong pemerintahan desa menggencarkan sosoalisasi dan mengajak lansia untuk vaksinasi.

"Nanti desa akan melibatkan aparatur dibawahnya seperti RT/RW agar mengajak warganya yang lansia untuk divaksin," terangnya.(asl)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler