Sandiaga Uno: Ingat Tempe, Ingat Indonesia! Tempe Akan Didaftarkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda ke UNESCO

Jumat, 28 Mei 2021 15:44 WIB

Share
Tempe, Foto ist (Pinterest)

BANDUNG,POSKOTAJABAR.CO.ID

Siapa yang takt ahu tempe? Ya, makanan ini sudah sangat banyak digemari oleh masyarakat Indonesia dari yang menengah ke atas sampai menengah ke bawah.

Cita rasa yang unik membuat tempe di sukai oleh banyak orang, bahkan kabar terbaru mengatakan bahwa makanan yang terbuat dari biji kedelai ini akan didaftarkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno sebagai warisan kuliner budaya ke UNSECO.

"Setelah kami mendorong dangdut sebagai intangible cultural heritage, tempe ini menjadi item selanjutnya. Persiapan sudah dilakukan untuk kami masukkan tahun depan," ujar Sandi dalam konferensi pers Kemenparekraf, Senin (24/5/2021).

"Sebelumnya sudah ada upaya untuk mendaftarkan tempe. Tempe telah ditetapkan jadi warisan budaya nasional Indonesia kami mendukung tempe dari ukuran sachet sampai sebesar bata." ucapnya lebih lanjut.

Sandiaga Uno menambahkan bahwa nantinya tempe akan didaftarkan ke UNSECO pada penghujung semester 1 tahun 2021 dengan harapan penetapan tempe sebagai warisan budaya dunia dapat melibatkan para pengrajin lokal hingga pengusaha besar.

"Harapan kami, ingat tempe ingat Indonesia. Harapan kita dapat meningkatkan pengembangan produk-produk olahan tempe sebagai produk kuliner kebanggaan bangsa dan akan membawa tempe untuk roadshow dan promosi kuliner ke internasional." tuturnya.

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler