Anggota DPR RI Budhy Setiawan Ajak Masyarakat Cianjur Pupuk Semangat Kebangsaan

Sabtu, 29 Mei 2021 21:13 WIB

Share
Anggota DPR RI Budhy Setiawan. (foto:Ist)

CIANJUR.POSKOTAJABAR.CO.ID

Empat pilar kebangsaan merupakan landasan utama kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Hal tersebut disampaikan Anggota DPR RI Budhy Setiawan saat menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan di Cianjur, Sabtu (29/05/2021).

Legislator partai Golkar itu juga mengajak masyarakat Cianjur untuk terus memupuk semangat kebangsaan.

“Seluruhnya sangat penting sebagai dasar dan ideologi negara, konstitusi negara, bentuk negara, dan juga semboyan sekaligus menjadi negara,” ujarnya.

Budhy mengatakan, dalam 4 Pilar ada Pancasila sebagai landasan ideologi, UUD 1945 sebagai landasan konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai landasan persatuan dan kesatuan. Begitu pula semangat keberagaman Bhinneka Tunggal Ika.

“Tujuan digelarnya sosialisasi empat pilar kebangsaan secara berkesinambungan yakni guna membangun semangat nilai-nilai kebangsaan dan nilai-nilai konstitusi bagi masyarakat. Terutama, untuk kaum milenial,” ujarnya.

Karena itu, lanjutnya, di arus informasi yang begitu deras di internet dan media sosial, degradasi moral bisa menjadi tantangan besar. Sebab, penerapan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari diyakini Budhy akan mampu menangkal pengaruh negatif tersebut.

Terlebih, generasi penerus bangsa sangat rentan dengan pengaruh dari luar sehingga perlu adanya penyaring. Dalam pandangan Budhy, empat pilar kebangsaan bisa difungsikan sebagai filter yang efektif.

Itu sebabnya, kata Budhy, penerapan empat pilar perlu selalu digaungkan kepada generasi muda. Lebih lanjut, empat pilar pun amat krusial dalam membangun nasionalisme serta membentuk karakter generasi muda.

“Empat pilar ini merangkum semua yang dibutuhkan agar masyarakat Indonesia memiliki semangat nasionalisme yang tinggi,” pungkasnya. (Nuki)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler