Sering Tersambar Petir, Menara Pandang di Situs Gunung Padang Bahayakan Pengunjung

Minggu, 30 Mei 2021 14:03 WIB

Share
Bangunan menara pandang situs gunung Padang selain sering tersambar petir, kondisinya mengalami rusak, Sabtu (29/5/2021).(foto:nuki)

CIANJUR, POSKOTAJABAR.CO.ID.

Keberadaan bangunan menara pandang di lokasi Situs Megalithikum Gunung Padang di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, membahayakan para pengunjung.

Pasalnya beberapa kali bangunan yang dibangun sekitar 2011 lalu itu terkena Sambaran petir. Tak hanya itu, kondisi bangunan juga saat ini terlihat banyak mengalami kerusakan.

Pantauan, Sabtu (29/05/2021), tak hanya tangga naik ke menara pandang yang sudah nyaris patah, beberapa besi pembatasnyapun sudah tidak ada, sehinga bisa membahayakan para pengunjung yang memang nekad untuk naik keatas meski sudah ada peringatan larangan.

"Bangunan shelter sudah banyak yang rusak.  Besinya sudah berkarat, beberapa papan penopang juga sudah ambruk. Ini bisa membahayakan pengunjung,"ujar Kang Sobandi, warga Desa Karyamukti kepada POSKOTAJABAR.

Tak hanya itu ungkap Sobandi, yang lebih membahayakan lagi, bangunan shelter yang terbuat dari besi ini kerap tersambar petir.

"Bayangkan kalau pas ada pengunjung yang sedang berteduh lalu memegang besinya, kemudian ada petir menyambar. Ini bisa timbul jatuh korban,"kata Sobandi.

Melihat kondisi tersebut, Sobandi meminta kepada pemerintah agar bangunan shelter untuk segara dibongkar, karena dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Saya minta bangunan segera dibongkar karena sudah membahayakan posisinya. Jangan sampai kejadian jatuh korban baru kemudian dibongkar,"pungkasnya. (Nuki)




 

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler