Tim Arkeolog Jawa Barat Temukan Struktur Bangunan di Situs Dingkel  Sambimaya

Minggu, 30 Mei 2021 20:42 WIB

Share
Tim Arkeolog Jawa Barat Temukan Struktur Bangunan di Situs Dingkel Sambimaya Kabupaten Indramayu. (foto:Ist)

INDRAMAYU, POSKOTAJABAR.CO.ID

Tim Arkeolog dari Balar Arkeologi Jawa Barat, Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten, dan Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Indramayu menemukan struktur bangunan bata susun di kedalaman 1 meter.

 Temuan ini akan terus ditelusuri oleh tim dengan membuat tiga kotak ekskavasi di sekitar lokasi temuan.

 Ketua Tim Penelitian Arkeologi Situs Sambimaya,  Nanang Saptono mengatakan, temuan struktur bangunan ini akan kembali dilanjutkan dengan melakukan ekskavasi arkeologi di sekitar lokasi temuan.

 "Akan kita telusuri terus arah struktur bangunan yang ditemukan oleh tim ini," jelas Nanang Saptono, Minggu (30/05/2021).

 Nanang menjelaskan untuk memastikan struktur bangunan tersebut, tim kembali membuka kotak ekskavasi di sekitar lokasi temuan.

 Selain menemukan struktur bangunan tim arkeolog juga menemukan pecahan gerabah lokal dan bata yang banyak berserakan di temuan struktur.

 Arkeolog dari BOCB Banten,  Sonny Prasetiya Wibawa mengindikasikan temuan struktur bata pada kotak ekskavasi B8 S4 Situs Dingkel 1 ini berdiri sendiri dan tidak terkait dengan temuan sudut di sisi selatan pada ekskavasi bulan Desember 2020.

 "Tampaknya struktur ini berdiri sendiri. Namun untuk memastikannya kita akan buka kotak ekskavasi baru," jelas Sonny, Minggu (30/5/2021).

Sonny berharap dengan adanya temuan struktur bangunan dapat menjawab dugaan yang berkembang di masyarakat apakah itu bangunan candi atau bangunan lain.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler