Tiga Kecamatan di Karawang  Zona Merah Covid-19, Diberlakukan Lockdown

Senin, 31 Mei 2021 20:33 WIB

Share
Penyekatan di akses masuk Karawang via Kabupaten Bekasi tempo lalu saat arus balik Lebaran. (foto:doc)


KARAWANG, POSKOTAJABAR.CO.ID

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengaku prihatin dengan peningkatan kasus Covid-19 di Karawang pasca mudik lebaran. Yang mengherankan penyebaran Covid-19 demikian cepat dengan tingkat kematian cukup tinggi.

Di Karawang telah terjadi klaster keluarga dengan  jumlah yang terpapar 57 orang positif dan 6 meninggal dunia.

"Setelah lebaran ini terjadi klaster keluarga di tiga kecamatan dengan 57 orang dan enam meninggal dunia. Yang mengherankan penyebaran demikian cepat di tiga kecamatan. 3 hari setelah dinyatakan positif 6 orang meninggal dunia. Ini kasus baru di Karawang dan sedang di kaji," kata Cellica, Senin (310/5/2021).

Menurut Cellica, tiga kecamatan di Karawang yaitu Kecamatan Kutawaluya sebanyak 30 orang positif dan 3 orang meninggal, Kecamatan Telagasari 20 positif dan 2 orang meninggal kemudian Kecamatan Cilamaya 7 orang positif dan 1 orang meninggal.

"Mereka terpapar setelah mengikuti Halal Bihalal, kumpul keluarga dan habis mudik," katanya.

Cellica mengatakan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, Pemkab Karawang mengeluarkan kebijakan lockdown di sejumlah wilayah yang lingkungannya terpapar Covid-19 lebih dari 5 orang. Ada 11 kecamatan masuk dalam zona merah dan 8 kecamatan masuk zona orange. Di wilayah zona merah ini  akan dilakukan lockdown jika ada lebih 5 orang yang terpapar dalam satu RT.

" Ada beberapa RT yang sudah kita lakukan lockdown,"  katanya.

Menurut Cellica, dia juga sudah memerintahkan Dinas Kesehatan Karawang untuk melakukan penelitian terkait  Covid-19 ke Kementerian Kesehatan terkait Covid-19. Sebab, Covid-19 penyebarannya demikian cepat dan angka kematian tinggi.

"Kami khawatir dengan penularan Covid-19 pasca lebaran saat ini berbeda.dengan sebelumnya," katanya.(Asl)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler