Peringati Hari Lahir Pancasila, PDI Perjuangan Indramayu Gelar Diskusi

Selasa, 1 Juni 2021 18:52 WIB

Share
Diskusi memperingati Hari Lahir Pancasila digelar DPD PDI Perjuangan bersama unsur akademis dan ormas Islam di Indramayu. (foto: Ist.)

INDRAMAYU, POSKOTAJABAR.CO.ID.

Dewan Pengurus Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Indramayu, Selasa (01/06/2021)  menggelar diskusi bertema "Menggali Pancasila dengan Budaya Gotong Royong" memperingati Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni.   

Kegiatan itu dilaksanakan atas kerja bareng Wakil Ketua DPRD Indramayu H. Sirojudin yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Indramayu didukung Hadi Santosa Farhan dari Akademisi/ Direktur AMIK, serta Edi Fauzi Ketua GP Ansor Indramayu, di Gedung Kesenian Mama Soegra Indramayu, Selasa (01/06/2021).

 Acara itu digelar atas instruksi DPP PDI Perjuangan kepada DPD, DPC, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, Kepala Daerah dan/atau Wakil Kepala Daerah Kader PDI Perjuangan serta Badan dan Sayap Partai seluruh Indonesia.

 Pada kesempatan itu peserta menyaksikan pemutaran  video pidato ucapan hari lahir Pancasila  yang disampaikan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDI Perjuangan sekaligus Dewan Pengarah di Badan Ideologi dan Pembinaan Pancasila (BPIP).

 Diskusi yang dimoderatori Sekretaris DPC PDI Perjuangan Indramayu,  Sahali SH. Diawali penampilan musik Tarling dari Sanggar Cipta Budaya asal Kelurahan Lemah Mekar, Kabupaten Indramayu.

 H. Sirojudin mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila dan Bulan Bung Karno Juni 2021. Dimulai tanggal 1 Juni 2021 hingga 30 Juni 2021 dengan tema "Bhinneka Tunggal Ika, Kerja Gotong Royong untuk Desa Maju, Indonesia Kuat dan Berdaulat", menjadikan desa sebagai pembumian Pancasila agar semakin berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

 "Pancasila harus menjadi pelajaran wajib karena sangat penting bagi bangsa ini. Pancasila juga merupakan ideologi bangsa yang sifatnya menyatukan berbagai macam perbedaan,” jelasnya

 Menurutnya, pengajaran tentang Pancasila beserta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya bertujuan merawat kebhinekaan di Indonesia. Sehingga dalam membangun nilai-nilai Pancasila harus diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari.

 Sirojudin menyampaikan, besok 2 Juni 2021 akan dilaksanakan pemilihan kepala desa atau pemilihan kuwu serentak  di Indramayu. Sebagai wakil rakyat, lanjutnya Ia berharap agar kegiatan itu berjalan lancar, tertib dan kondusif.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler